Tembok Hotel di Kota Batu Ambrol Akibat Banjir

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

30 Januari 2024 04:01 30 Jan 2024 04:01

Thumbnail Tembok Hotel di Kota Batu Ambrol Akibat Banjir Watermark Ketik
Dinding penahan di Hotel Singhasari Kota Batu ambrol Akibat banjir, Senin (29/01/2024) sore. (Foto: BPBD Kota Batu)

KETIK, BATU – Hujan deras yang mengguyur Kota Batu, Senin (29/01/2024) sore menyebabkan banjir. Akibatnya, salah satu tembok Hotel Singhasari Resort di jalan raya ir Sukarno Kecamatan Junrejo Kota Batu jebol.

Tembok sepanjang 50 meter dan tinggi 3 meter jebol diterjang banjir.

Tidak hanya itu, banjir juga menggenangi dua rumah di RT 02 RW 06 Desa Beji, Kecamatan Junrejo, dan menghanyutkan tiga mobil serta pipa air bersih HIPAM Desa Beji terputus.

"Banjir terjadi menjelang sholat maghrib sekitar pukul 17.00 WIB. Air sampai masuk ke dalam dua rumah warga," Kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu.

Agung menguraikan, hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan saluran drainase tidak mampu untuk menampung kenaikan debit air. Sehingga dinding penahan di Hotel Singhasari roboh.

"Tidak hanya itu, material lumpur juga menutup akses jalan utama warga," tambahnya.

Petugas gabungan dari BPBD, Tagana dan TNI Polri langsung melakukan pembersihan material lumpur. Petugas dan warga juga mengevakuasi barang-barang rumah tangga. Kemudian petugas melakukan pembersihan jalan dengan menggunakan alat berat.

"Warga kami imbau untuk tetap waspada ketika hujan. Terutama warga yang tinggal berdekatan dengan sungai," tegas Agung. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu banjir hotel Singhasari