Tarian Geleng Ro'om Ditampilkan dalam Peringatan Kemerdekaan RI ke 78 di Balai Kota Surabaya

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

17 Agustus 2023 02:46 17 Agt 2023 02:46

Thumbnail Tarian Geleng Ro'om Ditampilkan dalam Peringatan Kemerdekaan RI ke 78 di Balai Kota Surabaya Watermark Ketik
Tarian Geleng Ro'om tampil dalam perayaan kemerdekaan RI ke 78 di Balai Kota Surabaya, Kamis (17/8/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Balai Kota Surabaya, dimeriahkan arian Geleng Ro'om khas Madura dari Sanggar Tari Gito Maron, Taman Budaya.Tarian tersebut dibawakan oleh 15 orang.


Dengan persiapan hanya sehari, penampilan  Gito Maron ini mampu memukau para penonton. Gerakan tarinya dinamis dengan iringan musik yang rancak 

Salah satu penari, Hemas Kumala mengaku latihan ini barus semalam. Meskipun begitu dirinya bersama 14 orang temannya sering membawakan tarian Geleng Ro'om. "Susah sih tarian ini, karena memang gerakkannya dinamis, ditambah dengan membawa properti seperti ini sehingga harus menyesuaikan dengan lagu dan gerakannya," ucapnya.

Hemas menceritakan tarian ini merupakan perempuan di daerah Madura pada zaman dulu sudah gemar memakai gelang.

Hal tersebut karena gelang dianggap sebagai cerminan kelas sosial seseorang pada zaman dahulu. Jika gelang yang dipakai semakin banyak, maka kelas sosialnya dianggap paling tinggi. Gelang memiliki filosofi tersendiri untuk menjadi penyemangat dan pemacu dalam bekerja untuk masyarakat Madura.

Mereka berusaha mengumpulkan bahan untuk membeli gelang memang hingga merantau ke berbagai daerah. Tarian daerah Madura tersebut diadaptasi dari Tari Rondhing dan Tari Topeng Getak.

Tari Geleng Ro'om disusun dengan pendekatan visualisasi gerak tari khas Madura yang bersumber pada kehidupan sehari-harinya, seperti petani giat kerja kerasnya, kedinamisannya bertingkah dalam kehidupan seperti  penjual sayur hingga nelayan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Tarian Geleng Ro'om tarian Khas Madura Madura Balai Kota Surabaya Surabaya