Tak Masalah Kerja Tak Sesuai Jurusan, Rektor Unesa: Harus Cepat Adaptif

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

10 Oktober 2023 11:38 10 Okt 2023 11:38

Thumbnail Tak Masalah Kerja Tak Sesuai Jurusan, Rektor Unesa: Harus Cepat Adaptif Watermark Ketik
Rektor Unesa, Prof Nurhasan. (Fotp: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kembali menggelar wisuda untuk periode 108. Terdapat kurang lebih 1.501 orang wisudawan menjalani prosesi wisuda yang dilaksanakan di Graha Unesa, Selasa (10/10/2023).

Pada wisuda kali ini, Rektor Unesa, Prof Nurhasan mengatakan, pihaknya selama ini telah banyak melakukan terobosan agar para lulusan Unesa dapat diterima di dunia kerja. Salah satunya dengan memberikan berbagai pelatihan baik itu terkait dengan enterpreneurship maupun pelatihan yang berkaitan dengan bidang yang digeluti.

"Dalam membentuk SDM unggul tentu tidak hanya berpatok pada nilai akademis semata. Oleh sebab itu para lulusan Unesa ini telah dibekali dengan berbagai pelatihan soft skill untuk menunjang kompetensi mereka," jelas Nurhasan saat ditemui di Graha Unesa, Selasa (10/10/2023).

Foto Prosesi wisuda 1501 orang yang digelar di Graha Unesa, Selasa (10/10/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Prosesi wisuda 1501 orang yang digelar di Graha Unesa, Selasa (10/10/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Nurhasan menambahkan terkait dengan fenomena dimana banyak lulusan sarjana yang bekerja tidak sesuai dengan prodi atau jurusannya, dirinya melihat hal tersebut bukan sesuatu yang negatif. Karena memang hal ini sangat erat kaitannya dengan passion dan pengalaman dari mahasiswa itu sendiri.

"Memang jaman telah berubah, bisa jadi mahasiswa mengambil suatu prodi, namun dalam perjalanannya terjadi perubahan karena relasi dan proses beradaptasi. Dan hal ini sangat wajar di era modern saat ini," tambahnya.

Di zaman yang serba tidak pasti seperti saat ini, nilai akademik tidak bisa menjadi jaminan atas kesuksesan seseorang. Banyak faktor penentu yang membuat seseorang mampu bertahan ditengah persaingan global seperti saat ini. Seperti jejaring yang kuat, punya ide yang unik, dan kejujuran integritas. Ia juga menyebut, lulusan sarjana saat ini harus cepat adaptif.

"Untuk bertahan di era ini memang pekerjaan tidak harus linear. Tapi siapa yang dapat beradaptasi dengan cepat dalam menghadapi perubahan. Didukung dengan jejaring, Ide unik dan integritas," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Unesa wisuda Pendidikan Sarjana magister Relasi Kompetensi Dunia Kerja Pelatihan Adaptif Kerja tak sesuai jurusan Rekor Unesa