Tahun Baru Momen yang Tepat Untuk Refleksi Diri, Berikut Caranya!

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

1 Januari 2024 00:54 1 Jan 2024 00:54

Thumbnail Tahun Baru Momen yang Tepat Untuk Refleksi Diri, Berikut Caranya! Watermark Ketik
Ilustrasi refleksi diri. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Tahun baru tidak selalu identik dengan perayaan yan meriah. Tahun baru juga bisa menjadi ajang untuk refleksi diri agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kita lakukan saat tahun baru untuk lebih memahami diri kita dalam menyongsong tahun baru.

1. Mengingat pencapaian selama satu tahun

Satu tahun tentu bukan waktu yang singkat. Ada begitu banyak hal yang sudah kamu lalui, dan begitu banyak pengalaman serta kejadian berkesan yang kamu lewati. Beberapa di antaranya adalah keberhasilan-keberhasilan, baik yang sudah ditargetkan atau yang tidak ditargetkan sama sekali.

Cobalah untuk mengingat apa saja pencapaian-pencapaian yang telah kamu raih selama dua belas bulan terakhir. Pencapaian ini tidak harus selalu hal-hal yang besar, karena kamu juga bisa memulai dari hal yang kecil terlebih dahulu.

Syukuri segala hal yang berhasil kamu raih dan capai di tahun kemarin, dan persiapkan diri untuk meraih lebih banyak dan menjadi lebih baik lagi di tahun depan.

2. Mengingat berbagai pelajaran hidup selama satu tahun 

Dalam waktu satu tahun tentunya banyak pelajaran hidup yang kita dapat entah itu pelajaran tentang keberhasilan ataupun pelajaran tentang kegagalan.

Tidak perlu menyesali apa yang sudah dilewati. Kesalahan memang bukan untuk disesali, tapi untuk menjadi motivasi agar kamu mau menjadi orang yang lebih baik lagi di tahun depan.

3. Mengingat hubungan dengan orang sekitar

Kita dapat mengingat bagaimana hubungan kita berjalan, kepada teman, kolega ataupun keluarga. Memang hubungan pasti tidak selalu harmonis. Namun dari situlah kita belajar memahami satu sama lain.

Jika hubunganmu baik pertahankan, namun jika sedang buruk segera perbaiki.

4. Buat rencana tahun baru

Untuk menyongsong tahun baru tidak ada salahnya untuk membuat perencanaan apa yang akan kamu lakukan nanti. Tidak perlu melulu hal yang besar, rencana yanh kamu buat dapat dimulai dari hal hal kecil.

Dengan begitu hidupmu akan lebih terarah dan terencana. Jangan lupa untuk selalu menyiapkan rencana cadangan jika terdapat kendala pada rencana awal.(*)

Tombol Google News

Tags:

Refleksi diri introspeksi Tahun baru pencapaian Target rencana