Tahu Gak Sih, 5 Jenis Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Berulang Lho!

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moch Khaesar

24 April 2023 03:00 24 Apr 2023 03:00

Thumbnail Tahu Gak Sih, 5 Jenis Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Berulang Lho! Watermark Ketik
Ilustrasi memasak. (Foto: Gina Brocker Photography) 

KETIK, JAKARTA – Ketika makanan ataupun lauk pendamping nasi tidak habis, sebagian masyarakat Indonesia akan menyimpannya di lemari es. Kemudian ketika akan disantap kembali, makanan akan dipanaskan. 

Beberapa makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan kembali. 

1. Telur 

Telur merupakan sumber protein hewani yang baik. Namun, memanaskan kembali telur pada suhu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan. 

2. Bayam 

Sayuran berdaun hijau yang kaya akan nitrat dan zat besi. Namun, ketika dipanaskan kembali, nitrat ini dapat berubah menjadi nitrit dan karsinogen lain yang diketahui adalah zat yang dapat menyebabkan kanker pada jaringan hidup. 

3. Jamur 

Jamur merupakan makanan yang kaya akan protein. Jika dipanaskan kembali, kandungan pada jamur akan mengalami proses pemecahan protein lebih lanjut yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan tubuh. 

Sehingga, setelah memasak jamur sangat dianjurkan untuk segera dihabiskan. Diketahui, idealnya jamur tidak disarankan untuk disimpan dan dikonsumsi kembali di kemudian hari. 

4. Nasi 

Nasi merupakan salah satu makanan yang tidak diperbolehkan untuk dipanaskan kembali. Hal ini disebabkan karena nasi mengandung bakteri Bacillus Cereus yang biasa menimbulkan keracunan pada makanan serta dapat bertahan dalam suhu yang panas. Sehingga, untuk proses menghangatkan kembali, tidak dianjurkan untuk memanaskan nasi lebih dari sekali. 

5. Seledri 

Seledri memiliki kandungan nitrat yang tinggi, sehingga bisa menjadi racun jika Anda memanaskannya kembali. Nitrat berubah menjadi nitrit setelah dipanaskan. Ketika terlalu banyak nitrit masuk ke dalam tubuh, itu meningkatkan risiko methemoglobinemia. (*)

Tombol Google News

Tags:

Makanan tidak boleh dipanaskan telur bayam jamur nasi seledri