Sudah 4 Parpol Daftarkan Bacalegnya ke KPU Kabupaten Bandung

Jurnalis: Maria Winchester
Editor: Akhmad Sugriwa

11 Mei 2023 16:08 11 Mei 2023 16:08

Thumbnail Sudah 4 Parpol Daftarkan Bacalegnya ke KPU Kabupaten Bandung Watermark Ketik
DPC PDI Perjuangan Kab Bandung mendaftarkan bacaleg ke KPU Kab Bandung, Kamis (11/5/23). (Foto: KPU)

KETIK, BANDUNG – Hari ini tiga partai politik peserta Pemilu 2024 mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, Kamis (11/5/2023). Ketiga partai tersebut adalah PDI Perjuangan, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat. Sebelumnya sudah terlebih dahulu mendaftarkan diri dari PKS Kabupaten Bandung.

Beragam cara dilakukan oleh partai politik untuk menarik perhatian masyarakat, saat mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) ke KPU Kabupaten Bandung di Kecamatan Soreang. Seperti yang dilakukan oleh rombongan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bandung yang datang dengan iring-iringan kesenian Singa Depok. Para pengurus partai mengantarkan 55 orang Bbacalegnya.

"Hari ini kami menyampaikan berkas pendaftaran ke KPU Kabupaten Bandung. Target kami 10 kursi di DPRD. Harapan kami dapat tambahan kursi lagi, dari sekarang tujuh menjadi 10. Hasil survei nasional terhadap PDI Perjuangan yang cukup baik, semoga menjadi efek dominonya," kata Ketua DPC PDIP Kabupaten Bandung, Harjoko Sangganagara, di KPU Kabupaten Bandung.

Harjoko mengatakan, ke 55 orang Bacaleg yang hari ini ia antarkan ke KPU ini telah melalui proses penjaringan. Proses penjaringan ini dilakukan pihaknya selama kurang lebih dua tahun. Dia bilang, dari 55 orang Bacaleg ini, sebagian besar adalah wajah baru dan ada kalangan milenial yang tersebar di semua daerah pemilihan (dapil).

"Wajah barunya banyak, kalau yang maju lagi kan jumlah kursi itu tujuh, satu maju ke DPRD Jabar dan yang enam maju lagi di DPRD Kab Bandung," ungkapnya.

Foto Partai Nasdem Kab Bandung mendaftarkan bacaleg ke KPU Kab Bandung, Kamis (11/5/23). (Foto: KPU)Partai Nasdem Kab Bandung mendaftarkan bacaleg ke KPU Kab Bandung, Kamis (11/5/23). (Foto: KPU)

Sementara Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Bandung, Agus Yasmin menyatakan, Partai Nasdem memiliki target 10 kursi di DPRD Kabupaten Bandung. Pencalegan di Partai Nasdem ini  melalui proses panjang sejak setahun lalu. 

Proses pencalonan dilakukan oleh para ketua partai tingkat kecamatan. Kemudian diantarkan ke DPD lalu diserahkan kepada DPW. Partai ini datang ke KPU Kabupaten Bandung dengan menggunakan andong atau delman.

"Setelah selesai dilakukan musyawarah oleh para ketua DPC tingkat kecamatan dipimpin oleh Bapilu. Ini untuk menentukan nomor urut. Nah, setelah itu baru kami serahkan kepada DPW. Jadi kami di DPD tidak bisa mencoret nama seseorang," jelas Agus.

Bagi Partai Nasdem, lanjut Agus, kerja partai tidak hanya selesai sampai pendaftaran saja. Melainkan ada target-target dan program besar yang harus bisa dijabarkan sebagai hasil proses pemilu 2024. Agar partai Nasdem ini kembali mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Kabupaten Bandung.

Foto Partai Nasdem Kab Bandung mendaftarkan bacaleg ke KPU Kab Bandung, Kamis (11/5/23). (Foto: KPU)Partai Nasdem Kab Bandung mendaftarkan bacaleg ke KPU Kab Bandung, Kamis (11/5/23). (Foto: KPU)

Sedangkan Partai Demokrat Kabupaten Bandung menargetkan raihan 11 kursi di DPRD Kabupaten Bandung.

“Targetnya 11 kursi DPRD Kabupaten Bandung, saya optimis itu tercapai,” Kata Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bandung, Saeful Bachri, saat penyerahan berkas 55 orang bacaleg Demokrat ke KPU.

Para bacaleg itu, jelas Saeful Bachri, merupakan hasil penjaringan dengan menerapkan tiga “AS” yakni ; kelengkapan berkas, intelektualitas dan elektabilitas.

Menurutnya, bacaleg tersebut datang dari berbagai kalangan, seperti tokoh pergerakan, pemuda, pengusaha, pendidikan dan tokoh masyarakat. Saeful juga yakin, jika 30 persen kuota perempuan sudah terpenuhi.

Saat ini keterwakilan Demokrat di legislatif Kabupaten Bandung hanya 5 kursi, Saeful optimis jumlah itu akan bertambah menjadi 11 kursi.

“Saya yakin target itu tercapai, karena selain faktor profil atau nama-nama bacaleg yang diajukan, juga berdasarkan survei, Demokrat di Kabupaten Bandung selalu masuk tiga besar,” paparnya.

”Para bacaleg pun datang dari kalangan internal maupun eksternal partai. Jadi kombinasi, karena kita partai terbuka menerima semua golongan masyarakat yang ingin berkiprah melalui Partai Demokrat,” kata Saeful. (*)

Tombol Google News

Tags:

KPU KPU Kabupaten Bandung caleg bacaleg pileg pemilu2024 Pileg2024