Sirkuit Belum Siap, Balapan GP Kazakhstan Tahun Ini Batal

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Rudi

27 April 2023 02:04 27 Apr 2023 02:04

Thumbnail Sirkuit Belum Siap, Balapan GP Kazakhstan Tahun Ini Batal Watermark Ketik
Sirkuit Sokol di Almaty, Kazakhstan. (Foto: Motorsport.com)

KETIK, JAKARTA Rencana balapan grand prix (MotoGP, Moto2, Moto3) menggelar 21 seri tahun ini gagal. GP Kazakhstan yang rencananya berlangsung sebagai seri kesembilan pada 9 Juli mendatang batal.

Itu karena sampai saat ini Sirkuit Internasional Sokol yang dibangun di ibu kota Almaty belum menyelesaikan proses homologasi atau penilaian berbagai aspek terkait kesiapaan menggelar balapan.

Dorna selaku promotor grand prix mengonfirmasi langsung hal itu. Mereka juga menyebut GP Kazakhstan tidak akan digantikan negara lain.

Artinya bakal ada jeda panjang setelah GP Belanda di Assen pada 25 Juni 2023 dan GP Inggris di Silverstone pada 6 Agustus 2023.

"FIM, IRTA dan Dorna Sport mengkonfirmasi pembatalan GP Kazakhstan 2023. Homologasi yang sedang berlangsung di sirkuit, ditambah dengan tantangan operasional global saat ini, telah mewajibkan pembatalan acara 2023," tulis Dorna dalam rilis resmi dikutip Crash.

“Kami berharap dapat mengunjungi Sokol International Racetrack pada 2024 untuk menyambut wilayah baru dalam kalender," tambah mereka.

Awalnya Dorna berencana  menggelar balapan di dua negara baru tahun ini yaitu Kazakhstan dan India. Dorna Sport selaku promotor ingin menambah jumlah penonton dengan menggelar di tempat baru.

Dengan keluarnya Kazakhstan, maka jumlah seri musim ini masih sama dengan tahun lalu yakni 20 seri. (*)

Tombol Google News

Tags:

Moto3 Moto2 MotoGP Mario Aji Grand Prix Kazakhstan