Sering Melewatkan Sahur, Ikuti Langkah Ini Agar Bangun Lebih Cepat

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

11 Maret 2024 21:02 11 Mar 2024 21:02

Thumbnail Sering Melewatkan Sahur, Ikuti Langkah Ini Agar Bangun Lebih Cepat Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Sahur merupakan bagian penting saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Terdapat keutamaan dari waktu sahur. Salah satunya adalah momen terbaik dikabulkannya doa.

Selain itu sahur  akan memberikan kita energi dan tenaga untuk menjalani ibadah puasa selama sehari penuh. Melihat manfaatnya yang besar alangkah baiknya jika tidak melewatkan sahur di bulan Ramadan.

Akan tetapi memang adakalanya banyak orang yang melewatkan sahur entah karena bangun kesiangan, masih mengantuk atau karena kurang persiapan. Untuk menghindari hal tersebut berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar tidak melewatkan waktu sahur.

1. Membiasakan Diri Bangun Tidur 

Hak pertama yang perlu kamu lakukan agar tidak kehilangan sahur tentu saja bangun sebelum sahur. Pada awalnya hal ini mungkin cukup memberatkan, namun tidak ada salahnya kamu mulai mencoba membiasakan diri untuk bangun lebih awal selama bulan Ramadan.

2. Mempersiapkan Bahan Makanan di Malam hari

Selanjutnya yang bisa kamu lakukan adanya menyiapkan semua bahan makanan untuk sahur di malam hari sebelum tidur. Dengan begitu kamu akan lebih menghemat waktu saat memasak untuk sahur. Hal ini karena semua bahan sudah disiapkan dan tinggal mengolahnya.

3. Letakkan Sumber Cahaya di Dekat Tempat Tidur 

Salah satu faktor orang sulit bangun adalah karena tidur di tempat yang gelap. Oleh sebab itu usahakan meletakkan sumber cahaya didekat tempat tidur agar kamu lebih mudah terbangun.

Contohnya smartphone yang bisa menyala saat alarm berbunyi. Cahaya yang terang bisa membantu membangunkan kamu dari tidur dengan lebih cepat dan efektif.

4. Motivasi Diri 

Hak terakhir yang bisa diterapkan adalah memotivasi diri sendiri agar bisa bangun sahur. Hal ini penting karena dengan motivasi diri yang kuat akan membuatmu lebih semangat untuk mencapai tujuanmu.

Selalu ingat motivasi saat rasa malas dan kantuk menyerang. Lagipula tanpa motivasi alarm sekeras apapun tidak akan membangunkanmu dari tidur nyenyakmu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ramadan sahur Bangun Tidur Alarm Cahaya Motivasi