Sering Lupa, Lakukan Hal Ini untuk Menjaga Daya Ingat

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

7 Juni 2023 18:17 7 Jun 2023 18:17

Thumbnail Sering Lupa, Lakukan Hal Ini untuk Menjaga Daya Ingat Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Min an/Pexels)

KETIK, JAKARTA – Otak adalah salah satu organ tubuh memiliki peranan penting. Terutama dalam menjalankan aktivitas sehari-hari beberapa organ dan indera kita dikendalikan oleh otak. Selain itu konsentrasi dan daya ingat juga diatur oleh otak.

Seiring bertambahnya usia kemampuan kognitif dan daya ingat manusia akan berkurang secara perlahan. Hal ini pasti terjadi kepada semua orang, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperlambatnya.

1. Rajin Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik selain berguna untuk tubuh juga memiliki manfaat untuk kesehatan otak, salah satunya menjaga konsentrasi dan daya ingat. Lakukan setidaknya 30 menit per harinya dan rutin tiga sampai lima hari dalam seminggu. Bagi yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga, memanfaatkan jalan kaki ke kantor atau ke tempat dituju bisa menjadi pilihan alternatif untuk tetap aktif. 

2. Melatih Kemampuan Otak

Serupa dengan aktivitas fisik, kegiatan ini merupakan olahraga bagi otak. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah bermain puzzle atau teka teki silang. Beberapa aktivitas tersebut bisa membantu otak agar tidak kehilangan kemampuan ingatannya. Cobalah untuk mencari kegiatan atau hobi baru yang melibatkan daya ingat dan konsentrasi tinggi.

3. Melakukan Interaksi Sosial

Manusia adalah mahkluk sosial oleh sebab itu berinteraksi dengan banyak orang akan mampu mengurangi stres dan depresi yang nantinya berujung pada peningkatan daya ingat. 

4. Tidur Cukup

Jika Anda memiliki hobi begadang mungkin ada baiknya untuk mulai meninggalkannya. Sudah menjadi rahasia umum jika begadang tidak memiliki manfaat positif bagi tubuh. Mereka yang sering begadang akan lebih mudah teralihkan pikirannya, sehingga konsentrasi akan buyar dengan cepat. 

Oleh sebab itu mendapatkan tidur yang cukup akan sangat berguna untuk kesehatan otak yang nantinya akan menjaga konsentrasi dan daya ingat saat beraktivitas.

5. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan mineral penting bisa membantu kamu untuk mempertajam memori dan konsentrasi. Buah-buahan, sayuran hijau, protein rendah lemak, dan biji-bijian adalah makanan yang disarankan ketika menjalani diet sehat. 

Perlu diingat juga untuk hindari minuman beralkohol, sebab alkohol bisa membuatmu lupa ingatan dalam jangka pendek.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan otak konsentrasi daya ingat