Sering Konsumsi Air Lemon, Inilah Mitos Mengenai Buah Lemon

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moch Khaesar

20 Juni 2023 19:02 20 Jun 2023 19:02

Thumbnail Sering Konsumsi Air Lemon, Inilah Mitos Mengenai Buah Lemon Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Buah Lemon dikenal mengandung vitamin C yang tinggi. Dengan kandungan yang tinggi tidak jarang buah ini memiliki manfaat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Tidak hanya itu, lemon dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Memiliki badan yang langsing adalah idaman banyak orang, oleh sebab itu banyak dari mereka yang melakukan diet salah satunya dengan mengkonsumsi air jeruk lemon.

Padahal hal inj belum terbukti kebenarannya, Banyak mitos yang mengklaim bagaimana air lemon dapat membantu diet. Sebelum kamu tersesat lebih jauh, simak dulu fakta-faktanya di bawah ini.

1. Air Lemon Dapat Menurunkan Berat Badan

Hal ini menjadi mitos yang paling populer di masyarakat. Banyak orang yang rela mengkonsumsi air lemon untuk menurunkan berat badan. Namun sayangnya hal ini hanyalah mitos belaka. Hanya mengkonsumsi air lemon tidak akan menurunkan berat badanmu. Dalam menurunkan berat badan harus diiringi dengan olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan yang sehat. 

2. Air Lemon Dapat Membakar Lemak

Air lemon memang memiliki manfaat bagi tubuh karena kandungan vitamin C nya yang tinggi. Namun mitos mengenai air lemon dapat membakar lemak tidaklah benar. Meminum air lemon memang dapat memperlancar pencernaan. Ketika pencernaan lancar feses atau lemak lemak kotoran dapat dibuang melalui kegiatan BAB.

Hal ini mungkin dapat membantu program dietmu. Namun bukan berarti air lemon dapat membakar lemak. Informasi di luar sana kebanyakan hanya melebih-lebihkan tanpa adanya fakta yang akurat. 

3. Air Lemon Memperlancar Metabolisme

Selaras dengan mitos sebelumnya, perasan air lemon yang dicampurkan air hangat bisa meningkatkan hidrasi dan tambahan vitamin C. Namun sejauh ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat ini. 

Namun jika ingin mencoba tidak ada salahnya karena memang kandungan air lemon sangat menyehatkan. Melansir dari Mayo Clinic, jika dikonsumsi secara bersamaan, mereka akan membantu mengontrol nafsu makan. Sehingga lemak akan dipecah dengan maksimal.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan diet Air Lemon Mitos lemak Metabolisme