Sepuluh Juta Pengunjung Ditargetkan Wisata ke Kota Batu di 2023

Jurnalis: Sholeh
Editor: Marno

10 Juli 2023 13:13 10 Jul 2023 13:13

Thumbnail Sepuluh Juta Pengunjung Ditargetkan Wisata ke Kota Batu di 2023 Watermark Ketik
Alun Alun Kota Batu salah satu destinasi wisata favorit wisatawan. (Foto Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pemerintah Kota Batu menargetkan 10 juta wisatawan mengunjungi Kota Batu pada 2023. Pemkot Batu juga menyiapkan beberapa even untuk menyedot kunjungan wisatawan ke kota Batu.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Sidiq mengatakan, target tersebut tidak muluk-muluk. Karena pada 2022, sebanyak 8.04 juta wisatawan berkunjung ke Kota Batu.

"Tentunya pengeluaran rata rata pengunjung diharapkan meningkat.Tahun kemarin sekitar Rp 900 ribu peorang. Untuk Penginapan, rata rata sudah 1.68 hari bermalam," urainya, Senin (10/7/2023).

Arief mengutarakan, kalau jumlah pengunjung tahun lalu, yakni 8 juta pengunjung dalam setahun, maka diambil rata rata berarti sekitar 759 ribu pengunjung pe rbulan. Oleh karena itu, ia optimis target 10 juta pengunjung tahun ini dapat tercapai.

"Sedangkan tahun ini, pemasukan dari sektor wisata kita target kita sekitar Rp160 miliar dari pariwisata selama setahun," tambahnya.

Selain mengembangkan destinasi wisata yang sudah ada, kata Arief, beberapa even akan digelar untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Batu. Seperti, Fashion on the River dan Batu Internasional Tourism Paragliding Festival 2023.  

"Nanti kita nyambung lagi pada15 Juli 2023, ada festival musik menghadirkan artis nasional acaranya nanti di Balai Kota Among Tani. Nanti di event musik kita target 10 sampai 15 ribu pengunjung," jelasnya.

Lebih lanjut, Arief mengutarakan, pada event yang digelar di bulan Juli ini, pihaknya menargetkan 30 ribu wisatawan. Meskipun saat ini, Kota Batu  dibanjiri kunjungan libur sekolah, namun event-event masih perlu digelar menaikan jumlah kunjungan.

"Target kunjungan di bulan Juli dari event kita target 30 ribuan, bukan kunjungan wisata ke hotel dan lainnya. Nantinya kunjungan itu akan berdampak pada hotel. Ini kan musim libur sekolah tapi kita genjot dengan event," ulas Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Sidiq. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Wisata