Sepak Terjang Andika Perkasa yang Siap Berlaga di Pilgub Jateng 2024

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

26 Agustus 2024 11:47 26 Agt 2024 11:47

Thumbnail Sepak Terjang Andika Perkasa yang Siap Berlaga di Pilgub Jateng 2024 Watermark Ketik
Tangkapan layar pasangan Pilgub Jateng 2024. (Foto: Tangkapan Layar Youtube PDI Perjuangan)

KETIK, JAKARTA – PDI Perjuangan (PDIP) resmi mengumumkan mengusung Jenderal TNI (purn) Andika Perkasa menjadi calon gubernur Jawa Tengah. Kepala LKPP Hendrar Prihadi atau Hendi diusung sebagai calon wakil gubernur pada Senin 26 Agustus 2024.

Sepak terjang Andika selama menjadi panglima dinilai bagus oleh masyarakat, berikut sepak terjang Andika Perkasa yang saat ini terjun ke dunia politik.

Profil Andika Perkasa

Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D. lahir pada 21 Desember 1964. Ia merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) pada 1987.

Di tengah-tengah kesibukannya sebagai anggota TNI, Andika mampu menyelesaikan studi S-2 di Harvard University pada 2004.

Namun, tak hanya mengambil pendidikan akademik, Andika juga melakukan studi militer yang setara dengan Strata 2 di Negeri Paman Sam.

Jauh sebelum itu, Pada 1999, Andika melakukan studi di The Military College of Vermont, dan National Defense University pada 2003.

Tidak cukup dengan gelar yang dimilikinya, Andika mengikuti pendidikan S-3 di The George Washington University pada 2005. Andika juga banyak mengenyam pendidikan militer di Indonesia. Tercatat, Andika merupakan lulusan terbaik Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) pada tahun 2000.

Andika adalah seorang purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) pada 2018-2021, dan Panglima Tentara Nasional Indonesia pada tahun 2021 sampai 2022.

Andika banyak menghabiskan karirnya di Korps Pasukan Khusus (Kopassus), satuan prajurit khusus milik TNI AD. Sejumlah prestasi pernah ia ukir di Korps Baret Merah, sebutan untuk Kopassus. 

Diantaranya, adalah memimpin operasi penangkapan Omar al-Farouq, tangan kanan Osama bin Laden yang menjadi dalang sejumlah aksi terorisme di dunia seperti pengeboman WTC di AS. Operasi yang berlangsung antara tahun 2001-2003 itu dilakukan Andika saat masih menjadi perwira menengah. 

Andika Perkasa menikah dengan Diah Erwiany atau yang lebih dikenal dengan Hetty Andika Perkasa yang juga menantu mantan Kepala BIN, AM Hendropriyono. Pasangan ini dikaruniai tiga orang anak, yakni Alex Perkasa, Angela Perkasa dan Andrew Perkasa.

Karier politik Andika Perkasa terbilang mulus, Andika secara langsung ditunjuk sebagai wakil ketua TPN Ganjar-Mahfud oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri pada 4 September 2023 lalu.

Namun demikian, pengumuman Andika sebagai kader PDIP dilakukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP pada 24 Mei 2024 lalu.

Jenderal TNI ini mengaku siap jika diperintahkan untuk ikut serta dalam Pilkada 2024 ini. Partai PDIP menunjuk Andika maju dalam gelaran pilkada bukanlah tanpa alasan. Andika merupakan sosok yang sangat ahli dalam bidang intelijen dan dikenal masyarakat luas. 

Tombol Google News

Tags:

Andika Perkasa mantan Panglima TNI Pilgub Jateng PDIP