Senin Pagi, Gunung Anak Krakatau Terpantau Erupsi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Rudi

23 Januari 2023 10:06 23 Jan 2023 10:06

Thumbnail Senin Pagi, Gunung Anak Krakatau Terpantau Erupsi Watermark Ketik
Gunung Anak Krakatau terpantau kembali erupsi ( foto :PVMBG)

KETIK, SURABAYA – Sebagai negara yang terletak di area ring of fire Indonesia memiliki gunung berapi aktif terbanyak di dunia. Karena itu wilayah Indonesia sering dilanda bencana meletusnya gunung berapi.

Salah satunya gunung anak krakatau yang terletak di Selat Sunda yang mengalami erupsi pagi ini senin (23/1/2023). Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Erupsi di gunung yang terletak antara Pulau Jawa dan Sumaer teramati tepatnya terjadi  pukul 00.41 WIB, dengan kondisi awal abu letusan tidak teramati hingga terakhir teramati pukul 07.01 WIB.

Kondisi terbaru tinggi kolom letusan teramati kurang lebih mencapai 300 meter di atas puncak atau kurang lebih 457 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 50 milimeter dan durasi 27.5 detik.

PVMBG juga terus membagikan kondisi erupsi gunung Anak Krakatau secara konsisten, beserta dengan gambaran erupsinya.

Sebelumnya pada pukul 05.48 WIB, dijelaskaskan tinggi kolom letusan teramati masih kurang lebih 600 meter di atas puncak. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimal 20 milimeter dan durasi 100 detik.

Selain itu demi keamanan masyarakat diminta tidak beraktivitas di dekat gunung anak krakatau dalam radius 5 km dari kawah.(*)

Tombol Google News

Tags:

Gunung berapi Gunung anak krakatau erupsi bencana alam