Sembilan Negara ASEAN Berkolaborasi Pentaskan Sendratari Panji Semirang di Candra Wilwatikta Pasuruan

Jurnalis: Sutejo Rc
Editor: M. Rifat

21 Oktober 2023 17:30 21 Okt 2023 17:30

Thumbnail Sembilan Negara ASEAN Berkolaborasi Pentaskan Sendratari Panji Semirang di Candra Wilwatikta Pasuruan Watermark Ketik
Penampilan teaterikal Asean Panji Festival di ISI Yogyakarta, 13 Oktober 2023. (foto: henri nurcahyo for ketik.co.id)

KETIK, PASURUAN – Sembilan Negara siap pentaskan sendratari kolosal berjudul Panji Semirang di amphitheatre Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Kabpaten Pasuruan, Minggu malam (22/10/23).

Menurut Henri Nurcahyo sie publikasi acara tersebut, pertunjukan ini didukung 100 orang penari yang merupakan kolaborasi 9 negara anggota ASEAN, yaitu Cambodia, Indonesia, Lao PDR (Laos), Malaysia, Myanmar, Philippina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

"Di tempat yang sama juga digelar "Pameran Panji Dalam Perspektif Sejarah dan Purbakala” sejak Minggu pagi hingga Senin sore (23/10/2023) dan aneka macam lomba," ujar Henri yang juga penulis beberapa buku tentang Panji.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Dr Hudiyono,M.Si, menjelaskan acara ini merupakan rangkaian ASEAN Panji Festival yang dibuka Yogyakarta (13/10/2023).

Lalu dilanjutkan ke Kediri (16/10/2023), Surabaya (17-18/10/2023), Malang (21/10/2023), Pandaan Pasuruan (22/10/2023), dan Surakarta (25/10/2023).

Foto Prof Wardiman Djojonegoro memberikan cenderamata, pada pemain teaterikal Panji. (foto:  henri nurcahyo for ketik.co.id)Prof Wardiman Djojonegoro memberikan cenderamata, pada pemain teaterikal Panji. (foto: Henri Nurcahyo for ketik.co.id)

"Praacara sudah dimulai di Malang berupa Lomba Seni Pertunjukan Panji untuk anak dan remaja dan seminar internasional di Yogyakarta," papar Hudiyono.

Panji Semirang merupakan salah satu varian Cerita Panji yang terkenal, mengisahkan perihal perjuangan seorang perempuan bernama Dewi Sekartaji atau Candrakirana yang terusir dari istana Kadiri.

Dia berkelana ke hutan belantara, menyamar menjadi seorang pria bernama Panji Semirang, dan kemudian menjadi pemain musik Gambuh, hingga pada akhirnya bertemu kembali dengan Raden Panji Inukertapati yang memang sudah menjadi jodohnya.

Pertunjukan ini dibawakan oleh masing-masing negara secara berurutan babak demi babak, hingga menyatu dalam kolaborasi di babak terakhir ketika mengisahkan pernikahan Panji Inukertapati dan Dewi Sekartaji. (*)

Tombol Google News

Tags:

ASEAN Panji Festival Teaterkal Panji Candra Wilwatikta Pandaan Pasuruan