Selesaikan 30 Lap pada Hari Pertama di Mandalika, Mario: Kurang!

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

24 Januari 2023 11:58 24 Jan 2023 11:58

Thumbnail Selesaikan 30 Lap pada Hari Pertama di Mandalika, Mario: Kurang! Watermark Ketik
Mario Aji pada latihan privat hari pertama di sirkuit Mandalika (24/1). (Foto: Kiagus Firdaus/Ketik.co.id)

KETIK, LOMBOK TENGAH Mario Suryo Aji, pembalap Moto3 asal Indonesia menjalani latihan privat hari pertama di sirkuit Internasional Mandalika pada Selasa (24/1). Pada hari perdananya menggeber motor di sirkuit kebanggaan Indonesia tersebut total pembalap berjuluk Super Mario itu turun dalam 30 lap.

Di hari pertama latihan privat ini, pembalap Indonesia satu-satunya yang saat ini bertarung di level grand prix (Moto3, Moto2, dan MotoGP) tersebut menjalani tiga heat. Pada setiap heat-nya Mario Aji berhasil menyelesaikan 10 lap dengan durasi 15 menit.

Catatan waktu terbaik pembalap asal Magetan, Jawa timur itu di hari perdana ini adalah 1 menit 47,50 detik.

Foto Mario Aji dan timnya mengisi bahan bakar sebelum latihan (24/1). (Foto: Ias Abdulla/Ketik.co.id)Mario Aji dan timnya mengisi bahan bakar sebelum latihan (24/1). (Foto: Ias Abdullah/Ketik.co.id)

“Di awal settingan suspensi masih terlalu soft. Tadi coba adjusting (menyesuaikan) dikerasin dikit depan-belakang karena buat manage ban belakang yang sudah mulai habis. Sebenarnya kurang, tapi besok masih ada waktu lagi, mulai pagi. Secara keseluruhan oke. Alhamdulilllah hari ini aman semua selamat,” jelas Mario Aji.

Budi ‘Bunder’, pendamping Mario selama latihan privat ini menyebut ada progres di setiap heat yang dijalani Mario pada latihan privat hari pertama ini.

“Catatan waktu terbaik Mario di Moto3 sebenarnya sudah tembus 1 menit 44 detik. Di sini tidak mencapai itu karena motor yang digunakan memang beda,” ucap Mas Bunder, sapaan akrab Budi.

Foto Mario Aji berdiskusi dengan tim mekaniknya saat istirahat latihan (24/1). (Foto: Ias Abdullah/Ketik.co.id)Mario Aji berdiskusi dengan timnya saat istirahat latihan (24/1). (Foto: Ias Abdullah/Ketik.co.id)

Budi menambahkan, kesempatan Mario Aji berlatih privat seperti ini di sirkuit Mandalika sebelum bertarung di Moto3 2023 adalah kesempatan langka dan mahal. Dia berharap pembalap yang sudah dia didik sejak level junior itu bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin.

“Jarang banget pembalap Indonesia bisa latihan privat seperti ini. Dia harus besyukur dengan berlatih keras. Harapannya dia makin siap untuk Moto3 tahun ini,” tambah mas Bunder.

Latihan privat Mario Aji di sirkuit Mandalika ini adalah berkat dukungan penuh bapak asuhnya yakni Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran. Selain itu juga didukung oleh BRI, Kapal Api, dan Scarlet. (*)

Tombol Google News

Tags:

Mario Aji Moto3 Mandalika MotoGP