Selamat! Bambang Pramujati Terpilih Jadi Rektor ITS Periode 2024-2029

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

22 Desember 2023 13:10 22 Des 2023 13:10

Thumbnail Selamat! Bambang Pramujati Terpilih Jadi Rektor ITS Periode 2024-2029 Watermark Ketik
Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD IPU AEng. (Foto: Humas ITS)

KETIK, SURABAYA – Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD IPU AEng resmi terpilih sebagai Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) periode 2024-2029.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITS  Prof Dr Ir Mohammad Nuh menjabarkan mengatakan bahwa keputusan ini diambil berdasarkan pemungutan suara MWA ITS terhadap tiga calon rektor (carek) yang telah tersaring sebelumnya di tingkat Senat Akademik ITS.

Ada total 23 hak suara turut mencakup suara Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI.

Melalui tahap ini, Bambang Pramujati yang berasal dari Departemen Teknik Mesin memperoleh 15 suara, Agus Muhammad Hatta ST MSi PhD dari Departemen Teknik Fisika sebanyak 6 suara, dan Dr Machsus ST MT dari Departemen Teknik Infrastruktur Sipil mendapat 1 suara.

Nuh menambahkan bahwa hasil yang didapatkan tetap selaras dengan mufakat atas harapan untuk memajukan ITS. Menurut Nuh, setiap tahapan proses dalam ajang demokrasi ITS ini telah berjalan sesuai dengan asas pilrek.

“Mulai dari kebersamaan, transparansi dan akuntabel, meritokrasi, hingga musyawarah untuk mufakat,” urainya.

Nuh mengatakan bahwa dalam setiap proses yang berjalan seluruh calon rektor  telah menunjukan kegigihan untuk melanjutkan dan terus meningkatkan kualitas ITS. Menurutnya, berbagai inovasi yang diusung memiliki andil untuk mencapai kemandirian finansial ITS.

“Tentunya, seluruhnya akhirnya bermuara pada visi bersama untuk mewujudkan ITS sebagai tonggak menuju Indonesia Emas 2045,” tegasnya.

Disampaikan Nuh, Rektor ITS yang terpilih nantinya akan mulai melaksanakan tugasnya mulai April 2024 mendatang. Terakhir, Nuh berharap regenerasi ITS ini akan terus berjalan dengan baik. Guru Besar Teknik Biomedik ITS ini meyakini bahwa realisasi regenerasi tersebut akan menjadi jalan untuk menuju ITS yang lebih baik lagi.

"Tentunya untuk kemajuan ITS dan kemajuan bangsa Indonesia,” pesan Ketua MWA ITS. (*)

Tombol Google News

Tags:

ITS Rektor ITS Rektor ITS Baru Ir Bambang Pramujati MWA ITS Prof Nuh calon rektor Surabaya Mohammad Nuh