Selain untuk Masak, Asam Jawa Juga Berkhasiat Bagi Kesehatan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

1 September 2023 22:15 1 Sep 2023 22:15

Thumbnail Selain untuk Masak, Asam Jawa Juga Berkhasiat Bagi Kesehatan Watermark Ketik
Asam Jawa. (Foto; Pixabay)

KETIK, JAKARTA – Asam Jawa atau yang dalam bahasa latinnya disebut (Tamarindus Indica) merupakan buah tropis yang memiliki rasa asam dan seringkali dijadikan sebagai bumbu aneka masakan Indonesia. Selain tumbuh subur di Indonesia, tanaman ini juga banyak dijumpai di negara-negara Asia Selatan, Asia Tenggara, Timur Tengah, Karibia, Amerika Selatan dan Tengah.

Namun tahukah kamu selain berguna untuk bumbu masakan, ternyata asam jawa juga memiliki beberapa khasiat kesehatan. Apa saja khasiatnya, simak uraiannya.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Tanaman ini ternyata mengandung antioksidan jenis polifenol yang ternyata dapat mengurangi resiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik sehingga mencegah penumpukan sejenis lemak. Dengan kolesterol yang lebih terkontrol dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

2. Mengendalikan Berat Badan

Kandungan asam jawa yang tinggi akan serat dan tidak memiliki lemak membuat buah ini dikatakan dapat membantu mengendalikan berat badan. Serat sendiri berguna untuk memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga beray badan akan lebih terjaga. 

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Asam Jawa mengandung kalsium dan magnesium yang bisa menjaga kepadatan tulang. Dengan tulang yang padat maka akan mengurangi resiko osteoporosis dan patah tulang. Apalagi kandungan kalsium di asam jawa lebih tinggi dari makanan nabati lainnya.

4. Mengontrol Kadar Gula

Bagi amda penderita diabetes, mengkonsumsi asam jawa ternyata dapat membantu mengatur gula darah. Hal ini karena kandungan magnesium yang bersifat anti inflamasi sehingga dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan memperbaiki kerusakan jaringan pankreas pada penderita diabetes. 

5. Mengurangi Resiko Kanker

Kandungan antioksidan dalam asam jawa ternyata juga berguna untuk mencegah radikal bebas merusak sel-sel tubuh yang nantinya bisa memicu kanker. Senyawa fitokimia ditemukan secara alami dalam tanaman dan bisa dimanfaatkan sebagai obat alternatif, terutama kanker.(*)

Tombol Google News

Tags:

Asam jawa kesehatan Bumbu Masak khasiat kesehatan