Sambut Hari Yoga Internasional, SNA Ajak Masyarakat Senam Bersama

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Arief

26 Juni 2023 07:11 26 Jun 2023 07:11

Thumbnail Sambut Hari Yoga Internasional, SNA Ajak Masyarakat Senam Bersama Watermark Ketik
Para peserta tampak antusias mengikuti gerakan yoga dari Instruktur, Minggu (25/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Yoga merupakan senam yang cukup efektif untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Itu sebabnya Singapore National Academy (SNA) mengajak beberapa kelompok masyarakat menyambut Hari Yoga Internasional ke-9 [ada Minggu (25/6/2023).

SNA bekerja sama dengan Indian Association Surabaya (IAS), Kedutaan Besar India Jakarta, dan Jawaharlal Nehru Indian Cultural Centre (JNICC). Kegiatan ini diharapkan menyatukan masyarakat, dan mempromosikan yoga di Surabaya.

Presiden Indian Association Surabaya, Manojit Das yang memimpin pelaksanaan perayaan mengatakan tahun ini merupakan Hari Yoga Internasional ke-9 sejak dimulai 2014 silam. 

Manojit Das menyatakan tema perayaan yoga tahun ini adalah Yoga for Vasudhaiv Kutumbakam (Yoga for The World is One Family). Pesan yang disampaikan mengandung makna pentingnya yoga dan membangun kesadaran tentang komponen fisik, mental dan spiritual. 

"Teknologi saat ini berlari cepat. Saat ini sudah banyak yang membutuhkan waktu untuk relaksasi dan bermeditasi lepas dari segala rutinitas," kata Manojit.

Menyambut Hari Yoga Internasional ini memberikan pencerahan kepada peserta dalam bentuk kegiatan. Misalnya simposium tentang pentingnya yoga sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

Digelar pula workshop untuk memperkenalkan yoga kepada masyarakat bukan sekadar lemen fisik. 

Salah satu peserta Lianda mengungkapkan dirinya menyambut baik acara ini, menurutnya olahraga yoga memiliki banyak manfaat tidak hanya bagi tubuh tetapi juga mental.

Wanita asal Sidoarjo yang sudah 18 tahun menyelami yoga ini mengaku fisiknya terasa lebih sehat, banyak keluhan-keluhan kesehatan yang sebelumnya sempat mengganggu kini sudah hilang.

"Banyak yang menganggap yoga hanyalah meditasi. Padahal yoga adalah menggerakkan semua tubuh dan memiliki manfaat bagi kesehatan," jelas Lianda yang juga instruktur di Fit & Fresh Yoga ini. (*)

Tombol Google News

Tags:

SNA Indian Association Surabaya Kedutaan besar India yoga Hari Yoga Internasional