Sambang Para Mantan Ketua Cara PC GP Ansor Pacitan Perkuat Literasi Sejarah Organisasi

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Muhammad Faizin

23 April 2024 12:00 23 Apr 2024 12:00

Thumbnail Sambang Para Mantan Ketua Cara PC GP Ansor Pacitan Perkuat Literasi Sejarah Organisasi Watermark Ketik
Ketua PC GP Ansor, Zainal Arifin (jas hijau) bersama sahabat Imam Basori (kaus merah), tengah bersilaturahim dengan mantan ketua beserta keluarga, (23/4/2024). (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Menyambangi para mantan ketua terdahulu, menjadi cara Pengurus Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Pacitan, Jawa Timur perkuat literasi sejarah organisasi.

"Mumpung juga masih bulan Syawal," ujar Ketua PC GP Ansor Pacitan, Zainal Arifin kepada Ketik.co.id, Selasa (23/4/2024).

Hal tersebut dilakukan, sekaligus menindaklanjuti program Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor.

Tindak lanjut yang dimaksud, berasal dari surat PP GP Ansor Nomor: 0126/PP/SI-01/IV/2024 Jakarta, 21 Ramadan 1445 H, 01 April 2024 M, perihal intruksi di momentum Harlah GP Ansor ke-90 tahun.

"Surat dari PP GP Ansor semakin menguatkan niat kami untuk melaksanakan kegiatan ini," imbuhnya.

Selain itu, lanjut Zainal, kegiatan silaturahim dan ziarah ini sejatinya juga beriringan dengan rencana kerja PC GP Ansor Kabupaten Pacitan di tahun 2023-2024. 

Lebih lanjut, Zainal menjelaskan bahwa penguatan literasi ini diawali dengan melaksanakan silaturahmi ke para Ketua PC GP Ansor Kabupaten Pacitan beserta keluarga, termasuk para ketua terdahulu yang telah meninggal dunia.

"Alhamdulillah, syawal 1445 H tahun ini terasa lebih ramai dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kami memanfaatkan momen ini untuk bersilaturahmi dengan para sahabat, kyai dan masyayih, serta para ketua terdahulu beserta keluarga," ujar Zainal.

Pun saat ini, PC GP Ansor Pacitan tengah melakukan penggalian sumber data dari tokoh atau pelaku sejarah lainnya untuk melengkapi penulisan sejarah organisasi.

"Kami berharap dengan adanya penguatan literasi ini, sejarah GP Ansor Kabupaten Pacitan dapat diketahui oleh generasi muda dan menjadi inspirasi bagi mereka untuk melanjutkan perjuangan organisasi," pungkas Zainal. (*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan PC GP Ansor Pacitan NU NAHDLATUL ULAMA Literasi sejarah