Rotary Surabaya Beberkan Manfaat Eco Enzym untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

27 Oktober 2023 10:23 27 Okt 2023 10:23

Thumbnail Rotary Surabaya Beberkan Manfaat Eco Enzym untuk Kebutuhan Rumah Tangga Watermark Ketik
Pelatihan Eco Enzym dengan Ibu-Ibu Kader di Kecamatan Wiyung. (Foto: Dok. Rotary Kaliasin)

KETIK, SURABAYA – Rotary Surabaya Kaliasin bekerja sama dengan Eco Enzim Nusantara menyampaikan manfaat Eco Enzym untuk kebutuhan rumah tangga dan pupuk dalam rangka pelestarian alam. 

Peningkatan aktivitas masyarakat berpotensi menyebabkan semakin banyak volume sampah atau limbah yang dihasilkan. 

Untuk itu dimulai dari tingkat lingkungan terkecil yaitu rumah tangga dengan memilah sampah untuk dijadikan Eco Enzim. Banyak sampah yang awalnya tidak bermanfaat menjadi sampah yang manfaat. 

Rotary Surabaya memberikan pelatihan untuk ibu-ibu kader Surabaya Hebat dengan 24 RW di Kecamatan Wiyung Surabaya agar mengetahui bahwa Eco-Enzym adalah produk yang ramah lingkungan yang mudah dibuat oleh siapapun dan sangat bermanfaat untuk lingkungan. 

Dijelaskan l Presiden Rotary Surabaya Kaliasin Rohmawati bahwa sebelum membuat Eco Enzyme, ibu-ibu harus menyiapkan sampah organik. Misalnya kupasan kulit buah atau sayuran. 

"Memanfaatkan sampah rumah tangga sehingga mengajak peserta untuk memulai membiasakan utk  memilah sampah-sampah organik, yang mana sangat banyak manfaatnya untuk kebutuhan rumah tangga dan pupuk khususnya," jelas Rohma pada Jumat, (27/10/2023). 

Foto Hasil dari Eco Enzym dari pelatihan Rotary Surabaya. (Foto: dok. Rotary Surabaya)Hasil dari Eco Enzym dari pelatihan Rotary Surabaya. (Foto: dok. Rotary Surabaya)

Mengenai tujuan pelatihan ini, Rohma berharap bahwa ibu-ibu rumah tangga yang suka berkebun tidak terus bergantung dengan pupuk kimia. 

Eco-enzyme merupakan cairan serbaguna yang dapat dimanfaatkan keperluan sehari-hari seperti bersih-bersih rumah, deterjen, pertanian, hingga hewan ternak.  

Menurutnya, jika tanah terlalu banyak mengandung unsur kimia maka kesuburan dari tanah tersebut akan berangsur-angsur berkurang atau hilang. 

"Apabila tanah kita subur, kita berharap agar mengajak peserta untuk bergerak menanam pohon agar suhu di tempat tinggal tidak meningkat, dan polusi udara dapat teratasi," ungkap Rohma. 

Mengenai pelatihan ini, President Rotary Kaliasin ini berharap agar ilmu yang didapat oleh ibu-ibu setempat dapat menyebarkan ke masyarakat di sekitar. 

"Kita mulai dari rumah tangga, saya berharap akan tergerak untuk melanjutkan terus dan menyebarluaskan pelatihan pembuatan Eco Enzyme," jelas Rohmawati. 

Pelatihan Eco Enzyme ini digelar oleh kolaborasi Rotary di Surabaya yaitu Rotary Kaliasin, Rotary Rungkut, Rotary Darmo, Rotary Surabaya Timur, Royary Club of Surabaya dan Rotary Gubeng serta Pemkot Surabaya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rotary Rotary Surabaya Kaliasin eco enzym   Presiden Rotary Surabaya Kaliasin Rohmawati pupuk sampah organik