Ribuan Peserta Ikuti Upacara Hari Pramuka di Stadion Brantas Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

2 September 2024 08:28 2 Sep 2024 08:28

Thumbnail Ribuan Peserta Ikuti Upacara Hari Pramuka di Stadion Brantas Kota Batu Watermark Ketik
Ribuan peserta mengikuti upacara peringatan Hari Pramuka ke-63 di Stadion Gelora Brantas Kota Batu Jawa Timur, Senin, 2 September 2024. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Lebih dari 7.000 peserta mengikuti upacara peringatan Hari Pramuka ke-63 yang berlangsung di Stadion Gelora Brantas Kota Batu Jawa Timur, Senin, 2 September 2024.

Dalam kesempatan itu, Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Batu, Aries Agung Paewai menekankan pentingnya peran Pramuka dalam menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Menurutnya, peringatan Hari Pramuka bukan sekadar seremonial, tetapi sebuah momentum untuk meneguhkan kembali komitmen sebagai insan Pramuka yang berjiwa Pancasila.

"Pramuka adalah garda terdepan dalam mendidik generasi penerus bangsa, yang siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya dalam sambutan.

Aries juga menyampaikan bahwa Pramuka memiliki peran penting dalam membentuk karakter disiplin, kepemimpinan, dan kemandirian yang sangat relevan di era modern ini.

Ia juga mengajak anggota Pramuka untuk terus mencintai dan menerapkan nilai-nilai yang diajarkan dalam gerakan Pramuka, yang akan sangat bermanfaat ketika mereka terjun ke masyarakat. 

"Di tengah arus globalisasi dan perubahan zaman, Pramuka tetap menjadi pilar utama dalam membina generasi muda yang tangguh dan siap menghadapi berbagai tantangan," tambahnya.

Pada kesempatan ini, Aries juga menyoroti relevansi Pramuka di masa kini. Ia menyebutkan bahwa nilai-nilai yang diajarkan dalam Pramuka seperti disiplin dan kepemimpinan sangat penting bagi generasi muda.

Dikatakannya, Pramuka masih relevan di masa modern ini, dengan berbagai nilai yang tidak didapatkan oleh mereka yang tidak mengikuti Pramuka.

"Kita teguhkan diri, kita belajar di sekolah untuk menuntut ilmu, tetapi juga tidak kalah penting untuk menempa kepribadian melalui Pramuka," tegasnya Aries.

Sementara itu, Punjul Santoso Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Batu menyampaikan, kegiatan memperingati Hari Pramuka yang ditetapkan sebagai bulan bakti Pramuka bertujuan sebagai aktualisasi organisasi di tengah-tengah masyarakat.

“Gerakan Pramuka bukanlah lembaga sosial, namun Gerakan Pramuka mengajarkan anggotanya untuk memiliki rasa dan jiwa sosial, serta memberikan bantuan dan pertolongan sebagaimana Prinsip Dasar dan Metode Pendidikan Kepramukaan”, jelasnya.

Disebutkan, kegiatan yang telah dilaksanakan dan diikuti oleh Kwartir Cabang Batu di antaranya kerja sama dengan dengan Dinas Kesehatan dan.vaksinasi Covid-19, membantu pengungsian tanah gerak di Desa Gunungsari, dan membantu memdirikan dapur umum ketika Gunung Semeru Erupsi. 

Di samping itu, dilakukan pembinaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan tingkat Lanjutan ( KML ) yaitu kegiatan pendidikan dan pelatihan yang bertujuan untuk mempersiapkan calon pembina Pramuka dengan memberikan materi-materi dasar kepramukaan dan lanjutan ada 200 pembina mahir yang setiap diterjunkan ke Gugus depan

Kegiatan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan anggota di antaranya pesta siaga, giat prestasi penggalang, jambore Raimuna dan Jambore on the air.

"Kita berharap dengan berkerja keras untuk majukan Gerakan Pramuka agar tercapai dalam mewujudkan Pramuka handal,"pungkas Punjul.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Hari Pramuka Upacara Hari Pramuka ke-63 Stadion Brantas