Resmi! Mobil China GWM Masuk Indonesia, Indomobil Jadi Distributor

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

10 Juli 2023 00:43 10 Jul 2023 00:43

Thumbnail Resmi! Mobil China GWM Masuk Indonesia, Indomobil Jadi Distributor Watermark Ketik
Presiden GWM ASEAN Clyde Cheng bersama CEO Inchcape Asia-Pasifik (Foto: Indomobil)

KETIK, JAKARTA – Merk mobil China Great Wall Motor (GWM) meramaikan pasar otomotif Tanah Air. GWM mengumumkan distribusi mobil-mobil mereka di Indonesia resmi dipegang Inchcape Plc dan mitranya Indomobil Sukses Internasional.

Inchcape dan Indomobil bakal kolaborasi mendirikan perusahaan patungan untuk mengawal bisnis distribusi GWM tersebut.

Inchcape memegang 70 persen saham perusahaan patungan itu dan sisanya Indomobil.

Kerja sama Inchcape dan Indomobil ini bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya kedua perusahaan bersinergi dalam membangun bisnis otomotif melalui merek Jaguar, Land Rover, hingga Mercedes-Benz.

Dalam keterangan resmi, Jumat (7/7/2023), Inchcape menyatakan perusahaan patungan perwakilan GWM itu akan menawarkan utamanya kendaraan energi terbarukan. Indonesia bakal menjadi yang pertama melakukannya di semua pasar jangkauan Inchcape.

Perjanjian kerja sama distribusi ini juga disebut melibatkan tiga merek yang dinaungi GWM yaitu Haval, Ora dan Tank.

Merek-merek tersebut akan memulai debutnya di dalam negeri melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Agustus.

GWM optimistis bisa mengambil peran di industri otomotif Indonesia setelah mereka mendapat mitra Inchcape dan Indomobil.

"Sebagai salah satu pasar otomotif terbesar di kawasan ini, Indonesia memegang peran penting dalam strategi GWM di ASEAN. Kami sangat antusias untuk menjalin kemitraan dengan Inchcape, bergandengan tangan untuk menjangkau pasar Indonesia," ucap Clyde Cheng, Presiden GWM ASEAN.

Jusak Kertowidjojo, Direktur Utama Indomobil menambahkan pihaknya optimistis merek ini bisa menjadi pilihan baru masyarakat Tanah Air, terutama pada kendaraan elektrifikasi.

"GWM memiliki portofolio Kendaraan Listrik yang baik, yang akan mendukung inisiatif pemerintah Indonesia untuk mendorong populasi Kendaraan Listrik di Indonesia. Keahlian kami di industri otomotif lokal akan memberikan dampak positif pada distribusi dan pengenalan kendaraan energi baru GWM di Indonesia," ucap Jusak.(*)

Tombol Google News

Tags:

GWM Indomobil Inchcape