Rawan Terjadi Gesekan, Polda Papua Barat Gelar FGD Pilkada Damai

Jurnalis: Muhamad Zaid Kilwo
Editor: Mustopa

26 Juli 2024 06:07 26 Jul 2024 06:07

Thumbnail Rawan Terjadi Gesekan, Polda Papua Barat Gelar FGD Pilkada Damai Watermark Ketik
Foto bersama Polda Papua Barat dengan para civitas akademisi dan sejumlah tokoh masyarakat. Foto Zaid Kilwo

KETIK, SORONG – Menyongsong Pilkada yang akan diselenggarakan pada 27 November 2024, Polda Papua Barat menggelar Focus Group Discussion (FGD) sekaligus deklarasi Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) di wilayah Provinsi Papua Barat Daya. 

FGD yang dilakukan oleh Polda Papua Barat itu mengusung tema Tingkatkan Kesadaran Terhadap Harkamtibmas Menyongsong Pelaksanaan Pemilukada yang Damai, Sejuk dan Kondusif. Kegiatan itu dilaksanakan di Rylich Panorama Hotel pada Kamis (25/07/2024). 

Dalam deklarasi yang dilangsungkan, Polda Papua Barat melibatkan sejumlah pihak diantaranya civitas akademika, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan organisasi masyarakat (ormas), dengan tujuan agar Pilkada nanti tetap berjalan dengan damai, sejuk dan kondusif.

“Tujuan kami melakukan deklarasi bersama sejumlah pihak agar dalam pelaksanaan Pilkada 2024 berlangsung secara damai. Damai dari pikiran, jiwa dan hati seluruh masyarakat,” kata Wadir Binmas Polda Papua Barat AKBP Frangky Samuel Lopulalan. 

Menurut Samuel, mewakili Kapolda Papua Barat, pihaknya terus berupaya agar pelaksanaan Pilkada 2024 berlangsung secara damai dengan melakukan beberapa kegiatan diskusi lainnya sehingga keberlangsungan pilkada dapat berjalan dengan kondusif. 

“Dalam wilayah Papua Barat Daya yakni lima kabupaten dan satu kota, nantinya semua akan mendapatkan atensi dari kami, tanpa pengecualian,” ungkap Samuel dalam sambutnya. 

Foto Polda Papua Barat Undang Sejumlah Pihak Gelar FGD Menyongsong Pilkada 2024. Foto Zaid KilwoPolda Papua Barat Undang Sejumlah Pihak Gelar FGD Menyongsong Pilkada 2024. Foto Zaid Kilwo

Diakui Samuel, seluruh wilayah Papua Barat Daya rawan terjadinya gesekan-gesekan di tengah masyarakat, terlebih di momen Pilkada 2024 namun pihaknya akan bekerja secara maksimal untuk memastikan Pilkada tetap berjalan dengan aman. 

“Dari jauh-jauh hari kami mulai mengantisipasi kerawanan terjadinya gesekan di tengah masyarakat dengan melakukan diskusi dan berbagai kegiatannya lainnya untuk melakukan pencegahan," ujar Samuel. 

Dia menambahkan, karena saat ini masih dalam tahap awal, sehingga Polda Papua Barat masih berorientasi dalam pencegahan dengan mengutamakan Binmas untuk menggali sebanyak mungkin informasi di kalangan masyarakat di provinsi Papua Barat Daya. 

Polda Papua Barat juga meminta kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah Provinsi Papua Barat Daya untuk mendukung pesta demokrasi tahun ini, supaya berjalan dengan damai, sejuk dan kondusif.(*)

Tombol Google News

Tags:

Polda Papua Barat Pilkada 2024