Rangkul Anak Muda, Masjid Al-Akbar Gelar Lomba Hadrah Albanjari

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

26 Maret 2023 12:13 26 Mar 2023 12:13

Thumbnail Rangkul Anak Muda, Masjid Al-Akbar Gelar Lomba Hadrah Albanjari Watermark Ketik
Lomba Hadrah Albanjari yang digelar oleh Masjid Al-Akbar bertempat di Taman Asmaul Husna. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id) 

KETIK, SURABAYA – Masjid Al-Akbar Surabaya untuk terus meningkatkan kunjungan anak-anak muda dalam kegiatan Festival Ramadan Genzi kali ini mengadakan lomba Hadrah Albanjari pada 25 dan 26 Maret 2023. 

Lomba ini diikuti dari mulai SD hingga SMA se Jawa Timur, peserta sejumlah 30 tim hadrah, kegiatan tersebut dimulai pukul 15.30 hingga 22.00 WIB. 

Humas Majid Al-Akbar Surabaya Helmy M Noor menjelaskan bahwa lomba ini untuk menarik minat bakat anak-anak muda juga mewadahi kreativitas anak. 

"Salah satu bentuk kegiatan ekspresi namanya Festival Ramadan Genzi itu kan puncak kegiatanya ada disini," jelas Helmy, Minggu (26/3/2023)

Yang menarik menurut Helmy, tidak hanya dilombakan hadrahnya tetapi juga ada kategori jingle terbaik, kreativitas pembuatan jingle yang dibuat sendiri oleh setiap tim. 

"Mereka buat jingle sebagai opening setiap penampilan lagu, nah jinglenya seputar Ramadan Genzi ala mereka. Itu yang menjadi daya tarik tersendiri," jelasnya. 

Kegiatan lomba ini juga disiarkan melalui streeming di kanal Youtube Masjid Al-Akbar TV, dan yang mengerjakan keseluruhan adalah anak-anak muda. 

"Mereka mengasah kemampuan mereka, jadi memang mereka harus diberikan wahana, sehingga mereka bisa berekspresi," papar Helmy. 

Foto Tim Hadrah Albanjari dari Kecamatan Taman Sidoarjo. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)Tim Hadrah Albanjari dari Kecamatan Taman Sidoarjo. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

Mengenai manfaat lomba ini, memberikan wadah untuk anak-anak menampilkan bakatnya, karena anak-anak muda butuh tempat untuk bereskpresi. 

"Mereka yang mempunyai kemampuan apapun, tersalurkan oleh masjid. Kita pengenya ngaji yang ringan-ringan saja," jelas Helmy. 

Selain menyalurkan bakat, anak-anak muda juga bisa ngabuburit dan menikmati lomba-lomba yang dihadirkan oleh takmir Masjid Al-Akbar Surabaya. 

Antusiasme masyarakat Surabaya mengikuti kegiatan yang ada di Masjid Al-Akbar Surabaya semakin malam semakin banyak mengunjungi masjid. 

Helmy juga menjelaskan, kegiatan lomba anak-anak muda ini digelar di Taman Asmaul Husna karena menarik untuk difoto atau disebut instagramable. 

"Karena memang dunia mereka seneng foto-fotoan seneng update, tidak boleh dakwah nya itu serius-serius harus ringan yang penting tahap pertama mereka suka ke masjid," ujarnya. 

Tujuan dari kegiatan ini, Genzi menjadi semangat baru untuk mengembangkan dakwah terutama berbasis digital. 

Mengenai harapan kedepan, Helmy mengungkapkan ingin agar masjid menjadi pusat pergerakan tidak hanya ibadah, tidak hanya ngaji tetapi juga enterpreneur. 

"Makanya kami kedepan saya akan siapkan panggung besar ini ukuran 18x8meter akan kami jadikan panggung anak-anak muda islami," harap Humas Al-Akbar Surabaya. 

Selain lomba Hadrah Albanjari, Masjid Al-Akbar Surabaya juga menggelar berbagai lomba khusus untuk Genzi yaitu lomba Musabaqoh Hifdzil Qur'an, lomba mewarnai, baca puisi, lomba patrol, lomba fotografi hingga lomba vlog. (*)

Tombol Google News

Tags:

Masjid Al Akbar hadrah albanjari GenZi Festival Ramadan