Ramadan Sebentar Lagi, Yuk Lakukan Persiapan Ini Menyambut Bulan Puasa

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

4 Maret 2023 04:39 4 Mar 2023 04:39

Thumbnail Ramadan Sebentar Lagi, Yuk Lakukan Persiapan Ini Menyambut Bulan Puasa Watermark Ketik
Ilustrasi bulan ramadan. (Foto: Pixabay)

KETIK, JAKARTA – Bulan suci Ramadan sebentar lagi datang. Kemungkinan akhir bulan ini pada 21, 22 atau 23 Maret. Umat Muslim biasanya sudah mulai melakukan beberapa persiapan, mulai dari kebutuhan rumah hingga kesiapan pribadi masing-masing.

Lalu apa saja persiapan yang perlu kita lakukan menyambut Ramadan? Ketik.co.id mencoba merangkum beberapa di antaranya.

1. Perkuat Mental

Menjalani bulan puasa biasanya akan banyak godaan yang hadir. Terutama di hari-hari pertama. Karena itu, persiapkan kondisi fisik, kesehatan dan juga mental dengan baik sebelum memasuki Ramadan nanti.

2. Momen Kumpul Bersama Keluarga

Hal yang juga baik dan perlu dilakukan dalam menyambut dan menjalani Ramadan adalah memperbanyak momen berkumpul bersama keluarga. Terutama saat sahur dan berbuka puasa. Ini bisa jadi momen untuk mempererat kembali kebersamaan di keluarga kecilmu.

3. Siapkan Kebutuhan dan Menu Ramadan

Kebutuhan selama Ramadan lebih baik disiapkan mulai sekarang. Apalagi, umum terjadi harga-harga bahan pokok naik saat makin mendekat bulan puasa. Perlu juga menyiapkan list menu-menu makanan dan minuman yang ingin anda disajikan bersama keluarga saat sahur maupun berbuka. Namun, jangan juga dilakukan dengan berlebihan.

4. Berbelanja Pakaian Lebih Awal

Umat Muslim di Indonesia selama ini punya kebiasaan membeli pakaian baru ketika akhir bulan puasa atau saat mendekati Lebaran. Namun, tidak ada salahnya jika melakukan itu mulai saat ini sebelum masuknya Ramadan. Apalagi jika dana di kantongmu sudah siap. Jadi, di akhir-akhir Ramadhan nanti kita bisa lebih fokus untuk beribadah.

Demikian beberapa tips menjelang bulan ramadan. Semoga bermanfaat. Sekali lagi, Ketik.co.id mengucapkan, Selamat menyambut Ramadan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ramadan bulan puasa persiapan puasa