Punya 4.620 Bunda Literasi, Pemkab Bandung Catat Rekor Nasional

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

25 Mei 2024 12:10 25 Mei 2024 12:10

Thumbnail Punya 4.620 Bunda Literasi, Pemkab Bandung Catat Rekor Nasional Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna menerima penghargaan Rekor MURI Bunda Literasi, di Lapangan Upakarti Soreang, Sabtu (25/5/24).(Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Pemkab Bandung memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai kabupaten yang memiliki Bunda Literasi terbanyak se-Indonesia yaitu 4.620 Bunda Literasi. Pemecahan rekor dilakukan di Festival Literasi Bedas 2024, di Lapangan Upakarti Soreang, Sabtu (25/5/2024).

Selain menghadirkan 4.620 Bunda Literasi se-Kabupaten Bandung, masing-masing Bunda Literasi memberikan wakaf buku 1 eksemplar, sehingga terkumpul sebanyak 4.620 eksemplar buku. 

Bunda Literasi Emma Dety Dadang Supriatna mengungkapkan, pemecahan rekor MURI yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip)  Kabupaten Bandung iu tidak hanya menjadi kebanggaan bagi masyarakat maupun Pemkab Bandung.

"Tetapi juga diharapkan menjadi tonggak kebangkitan Gerakan Literasi di Kabupaten Bandung," kata Emma Dety.

Piagam penghargaan rekor MURI itu langsung diterima Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana dan Kepala Dispusip Kabupaten Bandung Teguh Purwayadi.

Dengan diraihnya rekor MURI ini, imbuhnya, diharapkan gerakan literasi di Kabupaten Bandung akan semakin maju dan berkontribusi dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM). 

"Pembentukan Bunda Literasi ini adalah upaya meningkatkan literasi di berbagai lapisan masyarakat, sebagai pondasi utama pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas," kata dia.

Terkait program Bunda Literasi di seluruh Kabupaten Bandung, dimulai dengan penetapan SK, pengukuhan, sosialisasi, dan pelatihan kepada para perempuan di berbagai tingkatan wilayah, mulai dari RW hingga kecamatan. 

Mereka dilatih untuk menjadi agen perubahan di komunitasnya masing-masing, mengorganisir kegiatan literasi, dan menyelenggarakan berbagai kegiatan edukatif lainnya.

"Kami berharap hasil dari pembentukan Bunda Literasi ini dapat meningkatkan kesadaran dan aktivitas literasi di masyarakat, sehingga anak-anak dapat terbebas dari pengaruh gadget dengan semakin banyaknya kegiatan literasi di berbagai tingkatan wilayah," ucapnya.

Emma mengungkapkan Festival Literasi Bedas 2024 juga mencakup berbagai kegiatan penting, termasuk penyerahan simbolis motor baca (torca) bagi 16 kecamatan di Kabupaten Bandung. Kemudian penyerahan simbolis wakaf buku oleh Bunda Literasi RW kepada Pemerintah Kabupaten Bandung, serta dari Kepala Dispusipda Jabar kepada Pemerintah Kabupaten Bandung. 

Selain itu penyerahan hadiah atas berbagai perlombaan yang telah dilaksanakan selama bulan Ramadan dalam kegiatan Bedas Literasi Ramadhan (BERLIAN). Yaitu, lomba Duta Baca Anak, Lomba Duta Baca Remaja, Lomba Duta Baca Dewasa, Lomba Bertutur, Lomba Kolase, Lomba Menulis Surat untuk Bupati, Lomba Menulis Puisi, Lomba Menulis Memoar, Lomba Cerdas Cermat Bunda Literasi RW, dan Lomba Review Buku iBandungKab.(*)

Tombol Google News

Tags:

bunda literasi Rekor MURI BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA