Puluhan Event Digelar Peringati HUT ke-23 Kota Batu, Ini Jadwal lengkapnya

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

24 September 2024 09:00 24 Sep 2024 09:00

Thumbnail Puluhan Event Digelar Peringati HUT ke-23 Kota Batu, Ini Jadwal lengkapnya Watermark Ketik
Pemkot Batu meluncurkan logo, tema, dan rangkaian acara HUT ke-23 Kota Batu Tahun 2024, Selasa, 17 September 2024 malam (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pemkot Batu akan menggelar peringatan HUT ke-23 Kota Batu tepat pada 17 Oktober 2024 mendatang. Berbagai event atau acara digelar untuk memeriahkan hari jadi kota wisata tersebut.

Rangkaian kegiatan HUT ke-23 Kota Batu telah diawali dengan peluncuran logo dan tema pada Selasa, 17 September 2024 malam di di Sendratari Arjuna Wiwaha, kelurahan Sisir Kecamatan/Kota Batu.

Selain itu, sebanyak 27 event akan digelar Pemerintah Kota Batu untuk memeriahkan HUT ke-23 Kota Batu. Puluhan acara tersebut dibagi dalam 3 bagian. Yakni ada acara inti, acara pendukung dan acara hiburan.

“Insya Allah dari 27 kegiatan dari rangkaian HUT Kota Batu semuanya melibatkan dan untuk kepentingan masyarakat Kota Batu," urai Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai saat Launching Logo dan Tema Hari Jadi ke-23 Kota Batu.

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai juga berkomitmen terhadap dampak positif yang akan langsung dirasakan oleh masyarakat Kota Batu. Ia mengatakan bahwa seluruh rangkaian acara HUT Kota Batu adalah murni untuk masyarakat, sebagai wujud hadiah dari bertambahnya usia Kota Batu.

Jadwal Kegiatan HUT ke-23 Kota Batu

"Kami ingin Kota Batu tidak hanya jadi kota wisata, tapi penghasil produk UMKM dan pertanian. Hari Jadi Kota Batu diharapkan menjadi hari yang bermakna bagi seluruh elemen masyarakat Kota Wisata Batu," jelasnya.

Sementara, Ketua Panitia Kegiatan HUT ke-23 Kota Batu, Abdul Rais menjelaskan perayaan HUT tersebut yang dibagi menjadi 3 bagian acara. Yakni ada acara inti, acara pendukung dan acara hiburan. 

Acara inti mulai dari kegiatan launching logo itu, kemudian ada rapat paripurna istimewa di DPRD. Kemudian acara inti berikutnya adalah upacara dan malam resepsi HUT.

"Malam resepsi HUT yakni wayangan di Balai Among Tani lakonnya Arjuna Wiwaha dengan dalang Ki Purbo Asmoro dari Surakarta, bintang tamunya Cak Yudo Cs," urainya, Selasa 24 September 2024.

Kemudian, lanjut Abdul Rais, Pemkot Batu juga mengelar acara pendukung. Seperti, Ngaji Bareng, Kirab Pataka, Khataman Quran, Operasi Pasar Murah, Gebyar Layanan Posyandu. Ada juga Pengobatan Gratis, Doa Bersama, Bulan Diskon Belanja dan Bulan Bebas Denda Pajak

"Dan ada juga ziarah ke makam sesepuh kota batu dan kepala daerah kota batu yang sudah wafat," tambahnya.

Lebih lanjut Abdul Rais mengutarakan, untuk acara hiburan diantaranya, ada KWB fashion on the river di Coban Talun yang melibatkan peragawan dan peragawati dan kepala OPD serta istri. 

Tidak hanya itu, nanti juga ada pameran anggrek, lomba paduan suara SD-SMA/SMK, ada festival Tabebuya dan Gebyar Tari Sanduk di Arhanud bersama dengan parade Alutsista bersamaan dengan hari TNI. Ada juga Secret Zoo Trail Run atau Colour Run dan Turnamen Gateball Piala Pj Wali kota Batu. Juga ada Pameran Junrejo Tempo Dulu dan Karnaval Batu Art Flower Festival. 

"Puncak acara hiburan kita tanggal 20 oktober konser musik band Kahitna dan beberapa band pembuka," ujar Abdul Rais.

Abdul Rais menegaskan, kegiatan HUT ke-23 Kota Batu tidak dipusatkan di satu lokasi. Kegiatan itu tersebar di beberapa tempat. Diantaranya, pasar among tani, di balai kota among tani, stadion Brantas Kota Batu dan ada juga di wilayah kecamatan.

"Event rangka hut batu ini memberikan kegembiraan kepada masyarakat, disamping acara resmi juga ada sosial dan hiburan," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pemkot Batu Kota Batu HUT ke 23 Kota Batu