Program Desa Manjur Bungah Pisan Sasar Warga hingga Pelosok Cianjur

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Marno

23 September 2023 18:25 23 Sep 2023 18:25

Thumbnail Program Desa Manjur Bungah Pisan Sasar Warga hingga Pelosok Cianjur Watermark Ketik
Bupati Cianjur di acara Desa Manjur Bungah Pisan (Foto: Humas Pemkab Cianjur)

KETIK, CIANJUR – Kabupaten Cianjur memiliki wilayah terluas nomor dua di Pulau Jawa yang berbatasan dengan Bogor dan Sukabumi di sebelah Barat, Bogor dan Purwakarta di sebelah Utara, Bandung Barat dan Garut di sebelah Timur, serta Samudera Hindia di sebelah Selatan.

Untuk menjangkau luasnya wilayah tersebut, Pemkab Cianjur melaksanakan Program Desa Manjur Bungah Pisan yang telah berjalan beberapa tahun, yaitu sejak 2019 hingga saat ini. Di mana telah menjangkau warga masyarakat hingga ke pelosok terpencil Cianjur.

Bupati Kabupaten Cianjur, H. Herman Suherman mengatakan, bahwa program Desa Manjur Bungah Pisan ini dilakukan dalam upaya mensosialisasikan program pemerintah dan membantu masyarakat mendapatkan berbagai macam pelayanan.

Di sela-sela kesibukannya, H. Herman Suherman menyampaikan, dalam kegiatan Desa Manjur Bungah Pisan tersebut kerap membawa berbagai pelayanan kepada warga masyarakat, diantaranya yaitu:

1. Pembuatan adminduk (KK, KTP, KIA).
2. Cek kesehatan gratis.
3. Pembuatan perizinan usaha.
4. WiFi Gratis.
5. Pembangunan jalan.
6. Perlengkapan sarana pertanian. 
7. Mesin iris singkong.
8. Peralatan olah raga.
9. Perlengkapan sekolah anak. 
10. Bibit pohon dan pupuk.
11. Santunan yatim dan jompo.
12. Program makanan tambahan untuk Bumil dan Balita.
13. Penerangan Jalan Umum.
14. Pelayanan dari Dinas Sosial.
15. Hadiah gerak jalan untuk warga.
16. Pemberian kadeudeuh bagi warga yang berusia di atas 70 tahun.
17. Expose pendidikan PAUD, SD, dan SMP.
18. Pelayanan KUA.
19. Pemberian bantuan peternakan.
20. Display produk UMKM Desa.

"Biasanya setelah sholat shubuh berjamaah bersama tim, saya menuju ke desa-desa yang ada di pelosok Cianjur untuk melaksanakan kegiatan Desa Manjur Bungah Pisan," kata Bupati Cianjur, pada hari Sabtu (23/09/2023).

Dirinya berharap, semoga kegiatan seperti ini bisa memberikan kemudahan kepada warga masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari pemerintah dalam berbagai keperluannya.

Sementara itu, ungkapan rasa syukur disampaikan oleh Sodikin, warga Desa Cibuluh Kecamatan Cidaun atas dibangunnya jalan beton yang melewati desanya, dengan cara bergotong royong memberikan makan kepada para pekerja jalan. 

Ia menyatakan, Desa Cibuluh adalah salah satu desa di Kecamatan Cidaun yang terlewati proyek pembangun jalan sejauh 38 Km yang membentang dari Bayuning sampai dengan Londok perbatasan dengan Kabupaten Bandung.

"Semoga dengan dibangunnya jalan beton ini bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya Kecamatan Cidaun Cianjur Selatan," tandasnya dengan nada penuh harap.(*)

Tombol Google News

Tags:

Program Desa Manjur Bungah Pisan Pelosok Cianjur Herman Suherman Bupati Cianjur