Profil Komisaris Utama Bank Jatim Suprajarto yang Meninggal Dunia di Singapura

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

20 Desember 2023 09:15 20 Des 2023 09:15

Thumbnail Profil Komisaris Utama Bank Jatim Suprajarto yang Meninggal Dunia di Singapura Watermark Ketik
Komisaris Utama Bank Jatim Suprajarto bin KRTH. (Foto: Instagram @bankjatim)

KETIK, JAKARTA – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) tengah berduka. Tepat pada hari Selasa, 19 Desember 2023 pukul 09.08 waktu Singapura, Komisaris Utama Bank Jatim Suprajarto bin KRTH. Poerwaningrat menghembuskan nafas terakhirnya.

”Innalillahi wainnailaihiraji’un. Keluarga besar Bank Jatim turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya bapak Suprajarto. Kami mendoakan semoga almarhum diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT, dan keluarga diberikan ketabahan serta kekuatan. Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi almarhum bapak Supra terhadap perkembangan bisnis Bank Jatim. Mohon dimaafkan segala kesalahan almarhum,” kata Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman, Selasa (19/12/2023).

Adapun Suprajarto dimakamkan di Makam Imogiri, Yogyakarta pada Rabu, 20 Desember 2023 pukul 09.00 WIB.

Suprajarto meninggalkan istri Alia Karenina dan dua orang anaknya yaitu Bryan Yoga Kusuma dan Samugraha Ditya Kusuma juga menantu Ghina Raida Asilia dan satu orang cucu bernama Sheralma Dinara Kusuma.

Profil Suprajarto

Almarhum Suprajarto diangkat menjadi Komisaris Utama Bank Jatim sejak 2022 dalam RUPS Tahun Buku 2021. Suprajarto dikenal sebagai sosok yang tegas dan malang melintang di dunia perbankan dengan karier yang cemerlang.

Pada 1982 dirinya menyelesaikan pendidikan S1 bidang Ekonomi di Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN) Yogyakarta. 

Selanjutnya ia menyelesaikan pendidikan S3 Manajemen Bisnis di Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat pada 2014.

Suprajarto pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sejak 2017. Ia bercita-cita sebagai pegawai pemerintah Yogyakarta, dan tak pernah menyangkan dapat berkesempatan memimpin BRI dengan bekal pendidikan yang dimiliki.

Sebelum menjadi Dirut BRI, ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Bidang Jaringan dan Layanan BRI dari 2007-2015. Suprajarto juga pernah menjadi Wakil Direktur Utama di BNI dari 2015-2017.

Sebelum menjabat sebagai Direktur Utama BRI Suprajarto menduduki posisi Wakil Direktur Utama BNI. Di masa jabatan 2007-2015, Suprajarto juga pernah menjabat sebagai Direktur Layanan dan Jaringan BRI.

Suprajarto sempat diproyeksikan menjadi Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BBTN). Meski demikian dia menolak jabatan ini. Sedangkan saat ini, Suprajarto menjabat sebagai Komirsaris Utama Bank Jatim (BJTM).  (*)

Tombol Google News

Tags:

Bank Jatim Komisaris Utama Bank Jatim Suprajarto Profil Suprajarto meninggal di Singapura