Porsi Jawara 1: Pekan Pencarian Bakat dan Persaudaraan Mahasiswa PTKIN

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

2 November 2023 07:38 2 Nov 2023 07:38

Thumbnail Porsi Jawara 1: Pekan Pencarian Bakat dan Persaudaraan Mahasiswa PTKIN Watermark Ketik
Cabang lomba olahraga Tenis Meja di Porsi Jawara 1 (2/11/2023) (Foto: Humas UIN KHAS Jember)

KETIK, JEMBER – Pekan Olahraga, Seni, dan Ilmiah se-Jawa Madura atau Porsi Jawara 1 secara resmi digelar di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember pada 1-5 November 2023. 

Porsi Jawara menjadi ajang pencarian bakat dan talenta daripada mahasiswa-mahasiswi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Tercatat 1.427 perwakilan dari 18 PTKIN yang akan bertanding di 26 cabang lomba.

Cabang lomba di antaranya dari tenis meja, bulu tangkis, catur, MTQ, Kaligrafi, Film Pendek, Puitisasi Al-Qur’an, Karya Inovasi Sosial Keagamaan, hingga Business Plan.

UIN KHAS Jember terpilih menjadi tuan rumah perdana sebagai rebranding dari Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) se-Jawa dan Madura. 

“Karena itu terlalu panjang dan susah diingat, kesepakatan bersama diubah menjadi Porsi Jawara,” jelas Rektor UIN KHAS Jember Prof. Hepni usai pembukaan, Rabu (1/11/2023) malam.

Selain adu prestasi, Porsi Jawara juga menjadi ruang bagi mahasiswa PTKIN Jawa-Madura untuk meningkatkan persaudaraan dengan menjalin silaturahmi. “Kedua, untuk memetakan talenta untuk kita naikkan ke level lebih tinggi,” lanjut Rektor.

Ia mengingatkan agar kontingen selalu menjunjung tinggi perlombaan fair dan sportivitas mengingat hubungan baik yang dibangun menjadi yang paling utama.

Foto Cabang lomba seni Kaligrafi di Porsi Jawara 1 (2/11/2023) (Foto: Humas UIN KHAS Jember)Cabang lomba seni Kaligrafi di Porsi Jawara 1 (2/11/2023) (Foto: Humas UIN KHAS Jember)

Sementara, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama Prof. Ahmad Zainul Hamdi, berharap Porsi Jawara bisa menjadi seleksi tingkat daerah menuju nasional bahkan internasional. 

“Ke depan akan kita integrasikan menjadi semacam seleksi di wilayah regional masing-masing,” ujarnya usai menghadiri pembukaan Porsi Jawara.

Menurut Prof. Ahmad, pencarian talenta ini merupakan upaya memperkenalkan prestasi mahasiswa PTKI baik swasta maupun negeri. “Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan rekognisi publik atas prestasi mahasiswa,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Porsi Jawara 1 Pekan Olahraga Seni dan Ilmiah se-Jawa Madura 2023 UIN KHAS Jember Jember pencarian mahasiswa multitalenta Prestasi