PNM Gelar PKU untuk Kembangkan UMKM Tarakan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Rudi

6 Maret 2023 10:32 6 Mar 2023 10:32

Thumbnail PNM Gelar PKU untuk Kembangkan UMKM Tarakan Watermark Ketik
PKU yang diselenggarakan oleh PNM di Kayan Multi Fuction Hal. (Foto: instagram @pnm_tarakan) 

KETIK, TARAKAN – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menggelar program Pengembangan Kapasita Usaha (PKU) bertajuk ‘Taka Pandai Digital’ yang berlangsung di Kayan Multi Fuction Hall Hotel Tarakan Plaza, Sabtu (4/2). 

Kegiatan PKU ini diikuti 1.000 orang nasabah, pada acara ini nasabah tidak hanya mendapatkan kemudahan mendapatkan modal, tetapi PNM memberikan edukasi tentang cara pengelolaan usaha. 

Dalam sambutannya, Pemimpin Cabang (Pemcab) PT PNM Tarakan, Irwan Razak mengakui, kegiatan ini merupakan bagian dari program yang dijalankan PT PNM.   

“Kami memberikan modal dalam tiga bentuk. Pertama  adalah modal usaha pada ibu-ibu. Tidak berhenti sampai di situ, kami juga memberikan modal finansial dalam bentuk literasi-literasi, baik tata cara pengembangan, mengelola usaha dalam hal ini bukan produknya, tetapi juga bagaimana mengelola keuangannya, bagaimana cara mereka bertransaksi yang baik,” ujarnya.   

Sebagaimana kita ketahui saat ini era perkembangan teknologi sangat pesat, dirasa sangat perlu bagaimana mengelola keuangan secara baik. Kami juga mengedukasi para nasabah kami bagaimana keuntungan usahanya dapat diinvestasikan secara baik dan benar,” lanjut Irwan Razak.    

Ini merupakan rangkaian kegiatan pengembangan kapasitas usaha yang bertujuan membiasakan para nasabahnya yang didominasi kaum wanita, membangkitkan semangat gotong-royong dalam hal mengelola usaha, termasuk pengelolaan angsuran serta pengeluaran yang baik. 

Kegiatan tersebut juga didukung oleh Bank Rakyat Indonesia BRI) dan PT Pegadaian.  Ini sebagai bentuk sinergitas perusahaan BUMN dalam rangka mengembangkan UMKM. 

Selain dengan sesama BUMN, pihaknya juga membangun sinergi dengan instansi lain yang memiliki kesamaan program terhadap pengembangan UMKM yang tergabung dalam Teman UMKM. Dengan sinergitas itu, ia meyakini pengembangan UMKM akan lebih maksimal lagi. (*)

Tombol Google News

Tags:

PNM PKU UMKM BUMN