PKS Nilai Anies Baswedan Memenuhi Kriteria Majelis Syura 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Rudi

31 Januari 2023 07:52 31 Jan 2023 07:52

Thumbnail PKS Nilai Anies Baswedan Memenuhi Kriteria Majelis Syura  Watermark Ketik
Koalisi dari Partai NasDem, Demokrat dan PKS di rumah Anies Baswedan. (Foto: Instagram: aniesbaswedan) 

KETIK, SURABAYA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya resmi menyatakan dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden yang akan maju dalam Pilpres 2024. 

Dukungan resmi kepada Anies ini disampaikan secara langsung oleh Wakil Ketua Majelis Syura Sohibul Imam di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Senin (30/1). 

Sohibul menjelaskan, musyawarah Majelis Syura PKS pada Agustus 2022 memutuskan tiga kriteria capres yang bakal diusung. Anies dinilai memenuhi kriteria tersebut. Pertama, kata dia, capres usungan PKS ini mesti merupakan simbol perubahan 

“Kenapa perubahan? Karena kita ingin melihat Indonesia lebih baik ke depan,” kata Sohibul. 

Kedua, dia melanjutkan, capres ini merupakan sosok yang nasionalis dan religius. Ia mengatakan capres usungan PKS harus punya karakteristik agamis, namun juga tokoh nasionalis. 

Ketiga, Sohibul mengatakan capres usungan PKS mesti punya elektabilitas yang berpeluang memenangkan Pemilihan Presiden 2024. Ia menyebut partainya enggan menggunakan istilah mempunyai elektabilitas tertinggi, mengingat hasil survei masih dinamis. 

“Karena dinamika hari ini tentu berbeda dengan dinamika pada saat 14 Februari 2024. Jadi yang penting dia, kalau bisa disederhanakan, masuk dalam tiga besar elektabilitas survei hari ini,” kata dia. 

PKS merupakan partai ketiga yang secara resmi menyatakan dukungannya kepada Anies Baswedan. Mereka menyusul Partai NasDem yang telah menyatakan dukungan sejak Oktober 2022 dan Partai Demokrat pada pekan lalu. Ketiga partai pun disebut akan segera mendeklarasikan pembentukan Koalisi Perubahan. 

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyebut deklarasi dukungan PKS ke Anies Baswedan sebagai tanda titik balik. Hal ini menekankan jika Koalisi Perubahan semakin solid. 

"Ini menjadi titik balik sekaligus mementahkan tudingan-tudingan yang selama ini disematkan ke PKS dan Partai Demokrat yang mengunci mesti dengan kadernya. Partai Demokrat dan PKS membuktikan dan menegaskan kepentingan rakyat sebagai yang utama dan diutamakan," tutur Kamhar 

Kamhar mengatakan upaya penggagalan Koalisi Perubahan dapat dilalui oleh ketiga partai. Pihaknya hanya tinggal menunggu tahapan yang lebih konkret. 

"Ini juga sekaligus mematahkan upaya  menggembosi terbentuknya koalisi Perubahan. Semakin ke sini semakin teruji ketiga partai ini mampu mengatasinya," kata Kamhar. (*)

Tombol Google News

Tags:

PKS Anies Baswedan Koalisi Capres Nasdem