PKS Halsel Akan Gelar Uji Kelayakan Bacawabup Pendamping Bassam Kasuba, Berikut Daftarnya

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Muhammad Faizin

30 Mei 2024 13:47 30 Mei 2024 13:47

Thumbnail PKS Halsel Akan Gelar Uji Kelayakan Bacawabup Pendamping Bassam Kasuba, Berikut Daftarnya Watermark Ketik
Sudirman Kahar, salah satu Bacawabup yang mendaftar ke DPD PKS Halmahera Selatan (Foto: Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Halmahera Selatan akan menggelar Uji Kelayakan dan Kepatutan atau Fit and Proper Test bagi 8 Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) pendamping calon petahana Hasan Ali Bassam Kasuba pada Jumat, (1/6/2024).

Renncana tersebut di sampaikan Wakil Ketua Tim Penjaringan Bacawabup DPD PKS Halmahera Selatan, Lahmudin usai menjamu pengembalian berkas pendaftaran kader Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Sudirman Kahar Kamis, (30/5/2024) di markas dakwah DPD PKS Halsel. 

Kepada media online nasional Ketik.co.id, Lahmudin menyatakan, 8 Bacawabup hasil penjaringan telah memenuhi syarat secara administrasi dari pengambilan hingga pengembalian berkas pendaftaran.

"Secara administrasi kedelapan Bacawabup telah memenuhi syarat. Untuk selanjutnya akan diadakan fit and proper test," kata Lahmudin.

Selain syarat administrasi, Lahmudin juga sampaikan beberapa tolak ukur PKS Halsel dalam menyeleksi pendamping Bassam Kasuba di Pilkada 2024.

"Kita harus jujur. Kalau mau dikatakan minimal 3 hal. Pertama adalah punya kapasitas dan kemampuan. Kedua, punya elektabilitas dann punya basis kultur yang jelas. Dan ketiga, punya isi tas," papar Lahmudin.

Menurut Lahmudin, seluruh bacawabup berpeluang mendampingi Bassam Kasuba. Selain akan melakukan survei, Lahmudin menyebut, sinkronisasi, kolaborasi, dan chemistry (kecocokan) dari para Bacawabup menjadi hal mendasar untuk memenangkan kontestasi Pilkada 2024.

Foto Lahmudin, Wakil Ketua Penjaringan Bacawabup PKS Halmahera Selatan (Foto Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)Lahmudin, Wakil Ketua Tim Penjaringan Bacawabup PKS Halmahera Selatan (Foto: Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)

"Semua berpotensi mendampingi Bassam. Karena kita akan melakukan uji kelayakan terhadap Bacawabup. Kita akan lakukan survei juga. Harus ada chemistry, karena kita mau menang," pungkas Lahmudin.

Diketahui, setelah melakukan perpanjangan penjaringan Bacawabup, DPD PKS Halsel akan menutup pendaftaran pada 30 Mei 2024 pukul 12.00 WIT.

Berikut 8 nama Bacawabup yang resmi masuk dalam catatan pendaftaran Bacawabup PKS Halsel:

 

1. Abdul Jabar Badri 

2. Helmi Umar Muksin

3. Darmin Hi Hasim

4. Sudarno Taher

5. Ikbal Hi Jabid

6. Sudirman kahar

7. Muhlis Jafar

8. Zulkifli Hi Umar.  (*) 

Tombol Google News

Tags:

PKS halmahera selatan Pilkada 2024 Penjaringan Bacawabup Bassam Kasuba Wakil Ketua Penjaringan Lahmudin