PJT 1 Gowes Bareng BBWS dan PU SDA Jatim, Rangkaian Peringatan Kemerdekaan

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

4 September 2023 13:35 4 Sep 2023 13:35

Thumbnail PJT 1 Gowes Bareng BBWS dan PU SDA Jatim, Rangkaian Peringatan Kemerdekaan Watermark Ketik
Perum Jasa Tirta (PJT) I ajak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) serta Dinas Pekerjaan Umum (PU) SDA Jawa Timur gowes bareng di Bendungan Semantok Nganjuk, Senin (4/9/2023). (Foto : Humas PJT1)

KETIK, SURABAYA – Perum Jasa Tirta I (PJT I) mengajak Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWS Brantas) serta Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Jawa Timur mewakili Pemprov Jatim untuk gowes bareng.

Tak main-main, gowes dilakukan dari Bendungan Semantok yang berada di wilayah Kabupaten Nganjuk menuju Bendungan Bening di wilayah Kabupaten Madiun.

"Alhamdulillah, gowes bisa dilakukan bersama dengan pimpinan BBWS Brantas dan Bengawan Solo serta Dinas PU SDA Jatim. Kami selaku BUMN pengelola Sumber Daya Air, salah satunya di Jawa Timur (wilayah kerja PJT I) akan terus berupaya memperkuat kolaborasi dan kerjasama dengan stakeholder terkait. Kali ini dengan cara gowes bareng sejauh 26 KM yang diikuti ratusan peserta," kata Direktur Utama PJT I, Fahmi Hidayat, Senin (4/9/2023).

Fahmi mengatakan melalui Gowes bareng itu juga menjadi bagian dari kegiatan peringatan HUT ke-78 RI yang diperingati bulan Agustus lalu. "Dengan tema peringatan HUT RI ke 78 yaitu Terus Melaju untuk Indonesia Maju, secara simbolis kita bersepeda bersama-sama tanpa memandang datang dari mana sebagai representasi kekompakan dalam memajukan Bangsa dan Negara Indonesia," ungkapnya.

Acara yang digelar akhir pekan lalu itu dimulai pagi sekira pukul 06.00 WIB. Para pecinta olahraga bersepeda dari tiga instansi juga telah ramai datang sejak pagi di Bendungan Semantok, yakni bendungan yang disebut-sebut sebagai bendungan terpanjang se-Asia Tenggara.

Gowes melalui dua pos pemberhentian (water station), jika peserta nantinya butuh waktu untuk beristirahat dan disediakan air minum. Selain Dirut PJT I, hadir juga Direktur Keuangan, Pengelolaan Sumber Daya dan Manajemen Risiko PJT I Mukhamad Taufiq. "Persiapan fisik yang prima mutlak diperlukan agar semua dapat sampai hingga di finish Bendungan Bening," kata Taufiq.

Selain itu, keamanan dan keselamatan tetap harus diutamakan. "Sebelum gowes dimulai, kami telah koordinasi dengan polsek dan penyiapan armada ambulan dilengkapi dokter perusahaan untuk menunjang acara agar terlaksana dengan baik," tambahnya.

Safety briefing juga disampaikan di garis start untuk mengingatkan kepada seluruh peserta agar kegiatan berjalan dengan baik. Selesai melewati garis finish seluruh peserta disuguhi keindahan Bendungan Bening.

Direktur Operasional PJT I, Milfan Rantawi menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan sajian khas Bendungan Bening dan beragam hadiah untuk semakin menyemarakkan acara. "Semoga even ini juga bisa sekaligus mengenalkan Pariwisata Bening," ujar Milfan.

Sembari menikmati eloknya Waduk Bening, peserta akan dihibur dengan hiburan musik. Milfan menyatakan, acara Gowes Bareng tersebut akan rutin digelar. "Ke depannya dan harapannya lebih banyak instansi lainnya yang dapat ikut. Tetap sehat dan kompak selalu untuk kita semua," ucapnya.

Sebelumnya, kolaborasi lintas instansi terkait pengelolaan sumber daya air itu sudah pernah dilakukan melalui rapat koordinasi pada tanggal 24 Juli 2023. Pertemuan yang dilakukan di kantor Divisi Jasa ASA II di Bendung Gunungsari Surabaya saat itu juga menjadi forum perkenalan Fahmi Hidayat yang baru menjabat sebagai Dirut PJT I. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jasa Tirta 1 Gowes Bareng Bendungan Semantok nganjuk BBWS Brantas Waduk Bening