Pj Wali Kota Mojokerto Apresiasi Didit Panji Atas Kiprahnya di Telusur Education Center

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

26 Februari 2024 03:54 26 Feb 2024 03:54

Thumbnail Pj Wali Kota Mojokerto Apresiasi Didit Panji Atas Kiprahnya di Telusur Education Center Watermark Ketik
Didit saat memberikan edukasi bagaimana mendaur ulang sampah. (Foto: Pemkot Mojokerto)

KETIK, MOJOKERTO – Inilah sosok inspiratif Didit Panji Saputra asal Sinoman, Kelurahan Miji, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto yang menjadi inisiator Telusur Education Center. 

Kiprahnya dalam pendidikan di Telusur Education Center berhasil mengantarkan Didit menjadi wakil Provinsi Jawa Timur dalam pemilihan Pemuda Pelopor tingkat nasional di bidang Pendidikan tahun 2023.

Didit mengatakan, Telusur Education Center merupakan sebuah komunitas yang menjadi penggerak pendidikan non-formal berbasis alam. Konunitas ini memberikan les secara gratis dalam jam wajib belajar di era Wali Kota Mas'ud Yunus.

"Kalau sebelumnya hanya belajar di dalam ruangan, sejak normalisasi Kali Telusur tahun 2019 kita diberikan lahan untuk dijadikan sarana belajar agar anak-anak tidak bosan belajar di dalam ruangan," kata Didit.

Selain mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum di sekolah, Telusur Education Center juga memberikan pendidikan soft skill seperti public speaking dan juga aksi peduli lingkungan.

"Ada aksi lingkungan yang mengajarkan anak-anak bagaimana cara mengelola sampah, memilah mana sampah yang masih bisa diolah menjadi produk daur ulang," tambahnya.

Telusur Education Center tidak hanya memberikan edukasi pada anak-anak saja, tetapi juga para remaja, ibu-ibu dan bapak-bapak melalui program Gerakan pengembangan karakter Masyarakat Bersama (Gerbang Karma).

"Setiap Sabtu dan Minggu ada senam bersama dilanjutkan dengan kerja bakti oleh bapak-bapak sedangkan ibu-ibunya menghias dan merapikan tanaman di Kali Telusur," imbuhnya.

Sementara atas kiprah Didit Panji dalam pengembangan sumber daya manusia di Kota Mojokerto ini, Pj. Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro menyampaikan apresiasinya.

Ia pun berharap melalui Telusur Education Center akan lahir pemuda-pemuda yang memiliki semangat untuk membangun Kota Mojokerto.

“Semoga apa yang dilakukan Didit bisa menjadi semangat para pemuda, khususnya di Kota Mojokerto untuk membawa kemajuan di kota ini," jelas Ali.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pj Wali Kota Mojokerto Telusur Education Center Didit Panji Saputra Soft skill Edukasi