PJ Gubernur Jatim Bangga, Warga Bawean Paham Tata Cara Tanggap Bencana

Jurnalis: Sutejo Rc
Editor: M. Rifat

31 Maret 2024 11:00 31 Mar 2024 11:00

Thumbnail PJ Gubernur Jatim Bangga, Warga Bawean Paham Tata Cara Tanggap Bencana Watermark Ketik
Adhy Karyono bersama jajaran pejabat TNI Angkatan Laut di Bawean (30/3/2024). (Foto: Sutejo/Ketik.co.id)

KETIK, GRESIK – Ada kebanggaan yang dirasakan Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono yaitu pemahaman warga Bawean Gresik terhadap tanggap bencana. Hal ini diungkapkan saat sambutan bakti sosial kesehatan TNI Angkatan Laut di kecamatan Tambak (30/3/2024).

Hal ini terbukti saat kejadian gempa bumi, tidak ada korban jiwa, bahkan hanya luka luka ringan itupun tidak banyak. Adhy Karyono sehari setelah kejadian (23/3/2024), langsung mengunjungi Bawean. Melihat warga benar benar mampu menghadapi bencana dengan cermat. 

Bahkan, dalam pantauan jurnalis Ketik.co.id yang saat ini secara langsung hadir di Pulau Bawean, sampai saat ini, meskipun warga sudah beraktifitas seperti biasa di siang hari, mereka pada malam masih rela tidur di tenda-tenda baik tenda pengungsian atau tenda pribadi yang didirikan di depan rumah masing-masing. Apalagi getaran-getaran terkadang masih terasa hingga hari ini (31/3/2024).

Foto Pj Gubernur Jatim bersama Kasal berkomunikaso dengan pesedta bakti sosial kesehatan. (foto:Sutejo / ketik.co.id)Pj Gubernur Jatim bersama Kasal berkomunikaso dengan pesedta bakti sosial kesehatan. (Foto: Sutejo/Ketik.co.id)

Sebagaimana disampaikan Adhy Karyono, dengan kemampuan warga untuk menjaga diri dan keluarganya ini cukup sangat membantu, sehingga pasca gempan ini pemerintah membantu merehabilitasi dan merekontruksi fasilitas yang ada.

"Khususnya fasum harus kembali diperbaiki sehingga dapat berfungsi normal dan bisa digunakan kembali oleh masyarakat secara luas," tandas mantan Sekretaris Daerah Jawa Timur. 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),  telah menurunkan beberapa tim dengan keahlian berbagai bidang. 

Termasuk tim asesmen fasum yang sudah diterjunkan ke desa-desa pada 30-31 Maret 2024, dan besok (1/4/2024) akan ditarik kembali karena tugas sudah selesai dan nantinya akan digantikan tim lain.

Foto Pj Gubernur Jatim memberikan sambutan saat Bakti Sosial Kesehatan TNI Angkatan Laut di Bawean.  (foto:Sutejo / ketik.co.id)Pj Gubernur Jatim memberikan sambutan saat Bakti Sosial Kesehatan TNI Angkatan Laut di Bawean. (Foto: Sutejo/ketik.co.id)

Selain itu, pihaknya juga mengirimkan tambahan terpal untuk membantu warga yang mendirikan tenda pribadi di depan-depan rumah.

Tak hanya itu, Pemprov Jatim juga mengirimkan bantuan 900 sak semen dan 7.000 genteng untuk membantu recovery bangunan retak yang dapat diperbaiki segera.

Pemprov Jatim, sejak awal mendukung perbaikan bangunan yang mengalami kerusakan, dan yang retak diperbaiki segera, maka disupport semen dan genteng.

Sesuai arahan Pj Gubernur Jatim, semua fasum mulai sekolah, masjid, kantor, rumah sakit, dan pondok pesantren diminta untuk dibantu perbaikan sesegera mungkin. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pj Gubernur Jatim Adhy karyono Gempa Bawean bakti sosial Bakti Kesehatan