Permudah User Sematkan Pesan Penting, WhatsApp Luncurkan Fitur Pin Message

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

14 Desember 2023 10:26 14 Des 2023 10:26

Thumbnail Permudah User Sematkan Pesan Penting, WhatsApp Luncurkan Fitur Pin Message Watermark Ketik
Ilustrasi fitur sematkan pesan. (Foto: Dok Meta)

KETIK, JAKARTA – Aplikasi berbagi pesan besutan Meta, WhatsApp kembali meluncurkan fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Fitur baru yang disematkan tersebut adalah kemampuan menyematkan pesan atau pin message.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menandai pesan penting di obrolan grup maupun pribadi. Hal ini tentunya akan memudahkan anda bila sewaktu-waktu ingin mencari pesan tersebut. 

Tak hanya pesan teks, pengguna juga bisa menyematkan jenis pesan lainnya seperti polling, gambar, emoji, dan lain-lain yang semuanya tetap terenkripsi secara end-to-end.

"Ini membantu menghemat waktu pengguna untuk menemukan pesan yang relevan dengan lebih mudah," tulis platform Meta ity melalui keterangan tertulisnya, Rabu (13/12/2023).

Bagi yang bingung bagaimana cara menggunakan fitur ini, berikut tata cara menyematkan pesan di obrolan:

  1. Langkah pertama pilih pesan yang ingin disematkan, kemudian tekan dan tahan beberapa waktu pada pesan yang dipilih. Lalu akan muncul menu konteks dan pilih 'sematkan'.
  2. Setelah memilih sematkan akan muncul banner untuk memilih berapa lama pesan akan disematkan. Waktu yang bisa dipilih antara lain 24 jam, 7 hari, dan 30 hari. Apabila tidak memilih, WhatsApp akan secara otomatis menyematkan pesan selama 7 hari.
  3. Khusus untuk obrolan grup, tidak semua anggota dapat menyematkan pesan. Hanya anggota yang dipilih oleh admin grup yang dapat menyematkan pesan di dalam obrolan grup.
  4. Jika sudah tidak dibutuhkan lagi pengguna dapat melepas sematan pesan kapan pun meskipun waktu yang telah ditentukan sebelumnya belum selesai. Itu bisa dilakukan dengan cara tap dan tahan pesan yang tersemat dan tap pada opsi “Lepas sematan”.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi whatsapp Meta Sematkan pesan Fitur baru Aplikasi chatting