Perkenalkan Beragam Kopi Indonesia, Hermier Gelar Artisan Single Origin Pairing

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

12 Januari 2024 18:19 12 Jan 2024 18:19

Thumbnail Perkenalkan Beragam Kopi Indonesia, Hermier Gelar Artisan Single Origin Pairing Watermark Ketik
Seorang barista sedang mempersiapkan kopi. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Untuk memperkenalkan beragam jenis kopi asal Indonesia, Hermier Coffee Inc yang berada di bawah naungan Morazen Hotel menyelenggarakan Artisan Single Origin Pairing.

Pada acara ini para barista memperkenalkan 8 jenis kopi asal indonesia yang dipasangkan dengan beragam kudapan. Setiap kudapan yang dipasangkan memiliki cita rasa khusus yang akan semakin memperkuat rasa kopi tersebut.

Jenis kopi yang di sajikan kali ini adalah Tropical Mango, Bali Kintamani, Sungai Penuh, Gayo Ayu Lintang, Papua Wamena, Toraja Enrekang, Arjuno, Lintong Nihuta. 

Adam Ranaldo selaku barista dari Hermier Coffee Inc mengatakan jika masing-masing biji kopi yang disajikan ini memiliki cita rasa khas yang berbeda-beda. Cita rasa ini tergantung dari tingkat ketinggian dan zat yang terkandung dalam tanah.

"Jadi tiap karakter biji kopi itu beda beda, tergantung karakter tanahnya. Hal inilah yang menjadi keunikan tiap biji kopi yang ada di Indonesia," jelasnya, Jumat (12/1/2024).

Adam menambahkan dalam menanam kopi juga diperlukan tanaman pendamping atau biasa disebut kanopi. Hal ini karena kopi tidak bisa ditanam sendiri. Hal ini juga memberikan pengaruh pada rasanya.

Tanaman kanopi ini berfungsi sebagai penahan angin, menjaga dari sinar matahari yang terik dan menjaga tanaman kopi dari intensitas curah hujan yang tinggi. 

"Jadi rasa kopi juga dipengaruhi oleh tanaman kanopinya. Tanaman kanopi ini fungsinya untuk melindungi pohon kopi yang juga berpengaruh pada rasanya," tambahnya.

Lebih lanjut untuk merasakan cita rasa kopi dengan lebih baik dapat juga dilakukan dengan cara memasangkannya pada kudapan tertentu. Rasa kudapan ini ditentukan dengan jenis kopi untuk memperkuat cita rasa after tastenya. 

"Jadi untuk pairing ini tujuannya untuk menghilight taste dari kopinya sendiri. Jadi emang saat menentukan kudapannya kita harus tau dulu rasa kopinya gimana," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kopi Indonesia Artisan Single Origin Pairing Hermier Coffee Inc Morazen Hotel