Perjuangan Rinov/Pitha Terhenti, Wakil Ganda Campuran Tuan Rumah Habis

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

16 Juni 2023 12:15 16 Jun 2023 12:15

Thumbnail Perjuangan Rinov/Pitha Terhenti, Wakil Ganda Campuran Tuan Rumah Habis Watermark Ketik
Ganda campuran Indonesia Rinov/Pitha usai takluk di tangan pasangan Jepang Yuta/Arisa di perempat final Indonesia Open 2023, Jumat (16/6/2023). (Foto: Humas PP PBSI)

KETIK, JAKARTA – Perjuangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari terhenti di perempat final turnamen bulu tangkis Kapal Api Group Indonesia Open 2023.

Berlaga di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jumat (16/6), ganda campuran rangking 15 dunia itu harus angkat koper seusai takluk dari wakil Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan skor 11-21, 18-21.

Pada pertandingan ini, peraih medali perunggu SEA Games 2021 itu tidak bisa keluar dari tekanan lawan. Saat lawan mengarahkan shuttlecock di depan net, baik Rinov maupun Pitha tidak mampu mengembalikan dengan baik, Yuta/Arisa pun terus menekan.

"Saya sangat sedih dan kecewa, terutama di game pertama dan kedua karena tidak bisa lepas dari tekanan. Pada laga ini kami tidak bermain baik hari ini," ungkap Pitha dalam rilis Humas PP PBSI.

Juara Spain Masters 2021 itu mengaku sudah mengeluarkan bentuk permainan terbaik selama turnamen BWF Super 1000 ini. Tercatat sebelum ke perempat final, Rinov/Pitha melangkah dari babak 32 besar dengan mengalahkan pasangan Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue 21-14, 21-15.

Setelah membungkam pasangan Prancis, giliran ganda campuran Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing mereka tekuk dengan skor 21-17, 21-16.

Sayang di babak perempat final ini ganda campuran berakronim Ripit menyerah dari Yuta/Arisa dengan skor 11-21, 18-21.

"Kami sudah memberikan permainan terbaik di sini. Kami tidak terbebani sebagai satu-satunya ganda campuran di perempat final. Kami merasa kalah terhormat dan sudah memberikan yang terbaik," tambah Rinov.

Pelatih sektor ganda campuran Indonesia, Amon Sunaryo, suksesor Nova Widianto menyebut perjuangan Rinov/Pitha pada ajang Kapal Api Group Indonesia Open 2023 ini sudah maksimal.

"Apresiasi buat Rinov/Pitha yang sudah memberikan permainan terbaik, meski hasilnya agak mengecewakan buat fans bulu tangkis Tanah Air," ujar Amon.

"Saya menilai perjuangan mereka sudah luar biasa dengan telah mengalahkan ganda campuran terbaik milik Prancis dan Malaysia," tambah Amon.

Dengan hasil ini Indonesia tidak mengirimkan satu pun wakil di ganda campuran pada babak empat besar turnamen BWF Super 1000. Tercatat selain Rinov/Pitha, sektor ganda campuran Indonesia menurunkan pemain-pemain seperti Adnan Maulana/Nita Violina Marwah dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Adnan/Nita sudah tersingkir di babak awal dari wakil China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dengan skor 15-21, 9-21. Sementara Rehan/Lisa gagal membuka asa juara seusai di 16 besar menyerah dari ganda campuran Denmark, Mathias Thyrri/Amalie Magelund dengan skor 14-21, 16-21.(*)

Tombol Google News

Tags:

Indonesia Open Rinov/Pitha Ganda Campuran Pelatnas Cipayung