Percasi Surabaya Gelar Turnamen Catur Pelajar Internasional, Atlet Belanda hingga Rusia Hadir

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

13 Juli 2024 03:02 13 Jul 2024 03:02

Thumbnail Percasi Surabaya Gelar Turnamen Catur Pelajar Internasional, Atlet Belanda hingga Rusia Hadir Watermark Ketik
CAP KAPAL Fide Rated International Championship 2024 diikuti pecatur dari 4 negara di BG Junction Surabaya, Jumat (12/7/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Surabaya menggelar CAP KAPAL Fide Rated International Championship 2024 yang diikuti para pecatur internasional.

Turnamen catur antar pelajar ini ikuti empat negara dari Belanda, Malaysia, Rusia, dan Indonesia. Acara berlangsung di Ballroom Choice City BG Junction Mall Surabaya, mulai Jumat (12/7/2024) hingga Minggu (14/7/2024).

"Antusias dari pelajar yang ikut turnamen ini cukup besar yang karena memang berstandart Federasi Catur Internasional (FIDE)," ucap Hesnud Daulah, Sekretaris Percasi Surabaya, Jumat (12/7/2024).

Daulah menjelaskan bahwa turnamen ini menggunakan perhitungan Rated Elo dengan batas maksimal 1800. "Dalam turnamen ini mulai dari usia 10 tahun hingga 60 tahun boleh ikut. Ada 80 peserta yang berpartisipasi," jelasnya.

Dwi Ken Hendrawan, General Manager PT Susanti Mega Garam Cap Kapal menyampaikan pihaknya memberi dukungan penuh terhadap acara ini. "Hal ini adalah suatu kegiatan untuk menunjang bahwa olahraga catur harus tetap kita support, kita dukung terus-menerus untuk bisa lebih berkembang di Surabaya, Jawa Timur, dan Indonesia," ujarnya.

Dwi juga mengungkapkan rencana jangka panjang akan menggelar lomba catur series untuk di luar Jawa Timur. "Kita tadi sudah ada beberapa kegiatan yang mungkin akan diadakan di luar Jawa Timur, bisa di kota-kota lain di Indonesia,"ucapnya.

Agus Subandrijo perwakilan PB Percasi sekaligus Ketua Bidang Pertandingan dan Perwasitan PB Percasi berharap turnamen catur ini menjadi batu loncatan bagi pecatur Jawa Timur untuk meraih prestasi di kancah internasional. "Tujuan kami adalah minimal pemain yang belum punya rating agar memiliki rating itu dulu. Pemain yang sudah punya rating paling tidak bisa meningkatkan Elo rating pada maksimal 1800," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Percasi Surabaya Catur Cabor Catur Olahraga KONI Surabaya Koni Jatim