Penumpang Bus AKAP di Terminal Arjosari Malang Mulai Meningkat Selama Mudik Lebaran

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

3 April 2024 06:58 3 Apr 2024 06:58

Thumbnail Penumpang Bus AKAP di Terminal Arjosari Malang Mulai Meningkat Selama Mudik Lebaran Watermark Ketik
Kondisi Terminal Arjosari, Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Terjadi peningkatan jumlah penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk keberangkatan dari Terminal Arjosari, Kota Malang. Pada momen mudik lebaran, peningkatan terjadi hingga 5-10 persen dibandingkan hari-hari biasa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Terminal Arjosari Malang, Maria Margareta. Menurutnya meskipun terjadi peningkatan jumlah penumpang, namun jumlah bus yang beroperasi masih tetap sama.

"Penambahan jumlah bus itu biasanya di H-1 atau H+2 Idul Fitri, biasanya penambahan dari bus pariwisata jadi sifatnya insidentil. Harus izin dulu untuk penambahan armada di luar jam operasi," ujar Maria, Rabu (3/4/2024).

Berbeda dengan bus AKAP, peningkatan jumlah penumpang belum terajadi pada bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Maria menjelaskan peningkatan pada bus AKDP terjadi dua hari sebelum lebaran.

"Itu kan hari libur semua, baik dari instansi swasta maupun negeri. Jadi biasanya ada peningkatan ke arah Blitas, Tulungagung, Trenggalek. Kebanyakan dari situ," lanjutnya.

Saat ini, terdapat 78 unit armada bus AKAP dan sekitar 230-300 unit bus AKDP untuk keberangkatan dari Terminal Arjosari. Untuk bus AKAP, tujuan yang paling banyak diminati masyarakat ialah Jakarta, Bandung, Jawa Tengah, Jogja, dan Solo.

"Tapi mayoritas mereka ke Jakarta, makanya banyak bus jurusan Jakarta daripada lain-lainnya. Sedangkan untuk bus yang datang ke Terminal Arjosari itu ada sekitar 40-48 bus setiap hari," katanya.

Dari pantauan arus mudik tahun lalu, Maria memperkirakan puncak lonjakan jumlah penumpang terjadi pada dua hari menjelang lebaran. Dibandingkan dengan arus mudik, lonjakan penumpang di Terminal Arjosari lebih banyak pada arus balik.

Per harinya jumlah penumpang dapat mencapai 4.000 ketika akhir pekan, sedangkan untuk hari biasa hanya sekitar 3.000 penumpang.

"Biasanya kalau di Terminal Arjosari ini, paling banyak lonjakan itu di arus baliknya. Peningkatan arus balik prediksinya 40-50 persen. Kalau arus mudiknya cenderung tidak terlalu signifikan. Biasanya banyak bus insidentil yang sifatnya cuma mengangkut sementara karena lonjakan penumpang," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jumlah Penumpang Terminal Arjosari Kota Malang Lonjakan penumpang Mudik Lebaran Arus Balik Lebaran