Penuhi Pasokan Air 525 KK, Gubernur Khofifah Launching SPAM Singosari

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

27 Januari 2024 16:40 27 Jan 2024 16:40

Thumbnail Penuhi Pasokan Air 525 KK, Gubernur Khofifah Launching SPAM Singosari Watermark Ketik
Gubernur Khofifah ketika melaunching Pembangunan SPAM Singosari. (Foto: Prokopim Kabupaten Malang).

KETIK, MALANG – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melaunching pembangunan SPAM Singosari di Kabupaten Malang, Sabtu, (27/5/2024). SPAM tersebut nantinya akan mengcover kebutuhan air bersih untuk 525 KK (Kepala Keluarga).

Hadir pada kesempatan itu, Pj Sekda Kabupaten Malang Nurman Ramdansyah, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya Provinsi Jatim, I Nyoman Gunadi, serta Pejabat Pemkab Malang.

SPAM nantinya akan mengcover limq desa di tiga kecamatan yakni Desa Klampok Kecamatan Singosari, Desa Klampok Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Desa Tungrejo dan Desa Sumber Gondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Kemudian, Desa Tawang Argo dan Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Sumber air yang akan dipergunakan berasal dari sumber Gunung Biru.

"Sumber Gunung Biru dengan potensi kapasitas 22,77 liter per detik di musim kemarau dan 37 liter per detik di musim hujan. Kapasitas air yang akan dimanfaatkan sebesar 20 liter per detik," ujar Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Lebih lanjut ia memastikan, pengambilan air dari sumber Gunung Biru tidak akan terdampak terhadap saluran irigasi sekitar. Karena tidak ada aliran yang langsung terhubung dengan irigasi di sekitar sumber Gunung Biru.

Menurutnya, SPAM Singosari akan dibangun jalur pipa transmisi sepanjang 18,6 kilometer akan melewati lahan milik PT. Perhutani. Izin penggunaan lahan untuk jalur pipa transmisinya dari perhutani juga sudah dikantongi Pemprov .

"Terima kasih Perhutani atas perannya selama ini. Sebab, Perhutani berperan langsung dalam membangun ekosistem hutan sama juga dengan menumbuhkan sumber mata air baru," katanya.

Sebagai informasi, SPAM Singosari yang dibangun di Dusun Sumbul, Desa Klampok, Kecamatan Singosari tersebut, dilakukan sejak 2022 yang dimulai dengan studi pendahuluan dan identifikasi potensi SPAM Singosari.

Kemudian dilanjutkan dengan penyusunan Detail Engineering Design (DED) intake sumber Gunung Biru dan pipa transmisi menuju desa rawan air di wilayah Kecamatan Singosari pada 2023 ini. (*)

Tombol Google News

Tags:

Gubernur Khofifah SPAM Singosari Kabupaten Malang