Penting Diwaspadai, Inilah Penyebab Ibu Hamil Cepat Merasa Lelah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

1 Januari 2024 00:02 1 Jan 2024 00:02

Thumbnail Penting Diwaspadai, Inilah Penyebab Ibu Hamil Cepat Merasa Lelah Watermark Ketik
Ilustrasi Ibu Hamil. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Momen kehamilan kerap kali dinantikan para pasangan yang telah menikah khususnya kaum hawa. Saat hamil, kebanyak calon ibu akan merasa bahagia, akan tetapi di satu sisi juga cemas karena harus menjaga kesehatan kandungan hingga saat kelahiran.

Saat memasuki masa kehamilan, tak jarang calon ibu akan merasakan perubahan dalam dirinya, seperti merasa cepat lelah dan hilang semangat meski aktivitasnya berjalan seperti hari-hari biasanya. 

Hal ini terjadi karena beberapa sebab, berikut ini kami ulas penyebab ibu hamil cepat merasa lelah, simak ulasannya yuk!

1. Perubahan hormon

Penyebab pertama kelelahan adalah perubahan hormonal yang terjadi pada ibu hamil. seperti peningkatan hormon progesteron dan estrogen bisa menyebabkan kelelahan yang lebih intens. 

2. Peningkatan beban tubuh

Selama 9 bulan, tubuh ibu hamil akan membawa beban dari janin yang dikandungnya. Beban ini pun seiring waktu akan semakin berat karena pertumbuhan janin yang semakin besar, apalagi menjelang kelahiran.

Ini juga sangat rentan bikin tubuh lebih cepat merasa mudah lelah dan bawaannya malas buat bergerak.

3. Ketidaknyamanan fisik

Selain perubahan hormon, ibu hamil juga akan mengalami perubahan struktur tubuh. Hal ini sebagai bentuk adaptasi selama proses kehamilan berjalan. Ibu hamil akan sering mengalami nyeri punggung karena beban janin yang dikandungnya. 

Belum lagi gangguan tidur yang terjadi karena sering buang air kecil akibat perubahan hormonal. Gangguan tidur yang berlebihan bahkan rentan menyebabkan ibu hamil merasa mudah marah, emosi dan hilang kendali.

4. Stres dan kecemasan

Selama menjalani masa kehamilan, ibu hamil akan seringkali merasa stres dan cemas terkait kesehatan janin, persiapan persalinan, atau perubahan yang akan terjadi setelah kelahiran, bisa menjadi faktor yang menyebabkan kelelahan mental.

Saat ibu hamil merasa sangat lelah dari sisi mental, otomatis ini akan berpengaruh pada kelelahan fisiknya. Stres yang berlebihan tentu tidak hanya dapat mengganggu kesehatan sang ibu tetapi juga janin yang dikandungnya.

5. Kebutuhan nutrisi yang meningkat

Selama masa kehamilan, ibu hamil tentu membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dari pada biasanya. Hal ini tentu saja karena nutrisi tersebut tidak hanya untuk dirinya, tetapi juga untuk tumbuh kembang janin yang ada di kandungan.

Jika nutrisi tidak tercukupi dengan baik, kelelahan bisa terjadi karena tubuh bekerja lebih keras. Oleh sebab itu sangat penting untuk memperhatikan dan memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil agar kondisi fisiknya tetap prima.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan ibu hamil cepat lelah nutrisi perubahan hormon Kesehatan janin