Pengurus BPI Beri Sosialisasi Warga UB Raih Beasiswa Dalam dan Luar Negeri 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Naufal Ardiansyah

12 April 2023 06:09 12 Apr 2023 06:09

Thumbnail Pengurus BPI Beri Sosialisasi Warga UB Raih Beasiswa Dalam dan Luar Negeri  Watermark Ketik
Sosialisasi oleh Pengurus Beasiswa Pendidikan Indonesia di Pascasarjana UB. (Foto: Dok. Pascasarjana UB for Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Sekolah Pascasarjana bersama Pengurus Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Universitas Brawijaya (UB) menggelar sosialisasi dan coaching clinic program beasiswa. Kegiatan yang berlangsung di gedung sekolah pascasarjana UB ini dilakukan secara hybrid. 

Sosialisasi ini menghadirkan Kasubbag Umum Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi, Ratna Prabandari untuk memaparkan seputar Program BPI. 

Wakil Direktur I Bidang Akademik Pascasarjana Universitas Brawijaya, Dr Nurul Badriyah. Dalam sambutannya, ia menyampaikan terima kasih kepada Kasubbag Umum Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi, yang telah memberi informasi terkait program beasiswa bagi warga UB. 

Turut hadir pula Wakil Rektor bidang IV Perencanaan Kerja sama dan Internasionalisasi Universitas Brawijaya Andi Kurniawan. Ia memberikan dorongan dan motivasi bagi peserta sosialisasi khususnya bagi dosen di lingkungan Universitas Brawijaya. 

"Agar menggunakan peluang yang telah disediakan oleh pemerintah melalui Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) maupun Pendanaan LPDP dalam melanjutkan studi di Perguruan Tinggi dalam negeri maupun luar negeri," papar Andi, Selasa (11/4/2023). 

Ratna Prabandari memaparkan beragam informasi seputar program targeted yang akan didanai serta menjelaskan program beasiswa ini merupakan bentuk kerja sama antara Kemdikbudristek dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). 

"Yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari para tenaga pendidik atau dosen di seluruh Indonesia, begitupun dengan calon dosen serta pelaku budaya yang juga memiliki kesempatan yang sama dalam memperoleh beasiswa tersebut," ujar Ratna. 

Ratna juga mengungkapkan sejumlah tahapan dan syarat penting dalam proses penerimaan beasiswa ini akan diberlakukan, termasuk salah satu yang terpenting adalah penguasaan bahasa, karena menurutnya untuk bisa berkuliah hingga ke luar negeri maka bahasa menjadi hal yang perlu diprioritaskan dengan mengacu pada standar yang telah ditentukan oleh lembaga. 

Selain kegiatan sosialisasi mengenai BPI UB, acara ini juga diisi dengan pemaparan dari perwakilan awardee mengenai pengalaman dalam proses pendaftaran.

Khususnya syarat penting dalam proses penerimaan dokumen administrasi maupun dalam tahapan seleksi wawancara. (*)

Tombol Google News

Tags:

beasiswa BPI UB pascasarjana Ratna Prabandari