Penerapan SOP Bagus, Gibran Akan Jadikan Surabaya Percontohan Makanan Bergizi Gratis

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

1 Agustus 2024 12:30 1 Agt 2024 12:30

Thumbnail Penerapan SOP Bagus, Gibran Akan Jadikan Surabaya Percontohan Makanan Bergizi Gratis Watermark Ketik
Gibran Rakabuming Raka saat membagikan makanan bergizi gratis ke para siswa SDN Klampis Ngasem III. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka akan menjadikan Kota Surabaya sebagai percontohan untuk manajemen pemberian makan bergizi gratis bagi siswa sekolah.

Hal ini disampaikan setelah ia meninjau langsung uji coba pemberian makan bergizi gratis di SDN Klampis Ngasem III, Surabaya. Menurutnya penerapan Standart Operational Prosesure (SOP) di Kota Surabaya sudah sangat baik.

"Jadi hari ini banyak sekali yang kita evaluasi. Dan di Surabaya ini salah satu yang terbaik karena SOP-nya sudah berjalan,"ujar Gibran, Kamis (1/8/2024).

"Jadi nanti ke depan apa yang sudah kita jalankan di Surabaya nanti mungkin akan kita terapkan di kota-kota lain juga," imbuhnya.

Sebelum mengunjungi SDN Klampis Ngasem III, Gibran ditemani oleh Khofifah Indar Parawansa, Emil Elistianto Dardak dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi terlebih dahulu mengunjungi UMKM yang menyuplai makanan. UMKM Surabaya sengaja dilibatkan agar terjadi pemerataan ekonomi.

"Jadi benar-benar multiplier effect-nya luar biasa sekali. Dan ini nantinya akan jadi bahan evaluasi," tambah Gibran.

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Solo tersebut menuturkan dirinya banyak mendapat masukan salah satunya dalam hal pengolahan sampah sisa tempat makanan. Terkait hal tersebut, Gibran menyebut Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sudah menemukan solusi yang tepat.

"Hari ini di Surabaya, kebetulan Pak Wali Kota Surabaya sudah menemukan solusinya," paparnya.

Sementara itu ditemui di tempat yang sama, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan jika terkait pengolahan sampah, pihaknya akan mengumpulkan sampah plastik terutama bekas tempat makanan. Nantinya sampah tersebut dikumpulkan, disetor dan dijual ke bank sampah.

"Bank sampah akan dijual dan uang yang dihasilkan plastik tadi masuk ke anak yang makan tadi melalui Gopay. Jadi plastik ini menghasilkan uang untuk anak yang diberikan makan gratis tadi," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Gibran Rakabuming Raka Makan bergizi gratis SOP percontohan UMKM Surabaya Eri Cahyadi