Penambahan Jalur Prestasi untuk SMP di PPDB Surabaya 2024, Simak Ketentuannya!

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

17 Mei 2024 06:33 17 Mei 2024 06:33

Thumbnail Penambahan Jalur Prestasi untuk SMP di PPDB Surabaya 2024, Simak Ketentuannya! Watermark Ketik
Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Yusuf Masruh. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun ajaran 2024-2025 akan dibuka pada Senin (20/5/2024). Sementara untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dibuka Senin (10/6/2024) bulan depan.

Untuk PPDB tingkat SD terdapat jalur perpindahan tugas, jalur afirmasi keluarga miskin, jalur zonasi kelurahan, jalur zonasi kecamatan, dan jalur zonasi kota.

Sedangkan untuk SMP tidak jauh berbeda, yakni jalur perpindahan tugas, jalur afirmasi keluarga miskin, jalur zonasi kelurahan, jalur zonasi kecamatan, jalur zonasi kota dan ada tambahan jalur prestasi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Yusuf Masruh mengatakan seluruh proses PPDB SD Surabaya 2024 tersebut dilakukan secara online melalui laman https://sd.ppdbsurabaya.net/.

"Untuk aturan tidak ada yang berubah, hanya saja untuk SMP terdapat penambahan lewat jalur prestasi. Kalau SD belum ada," kata Yusuf, Rabu (16/5/2024).

Sehingga, persentase PPDB untuk SMP sebesar 15 persen untuk jalur afirmasi, 5 persen jalur perpindahan tugas orang tua, 30 persen jalur prestasi dan 50 persen jalur zonasi. 

"Untuk jalur prestasi ini meliputi nilai rapor sekolah, perlombaan baik akademik maupun non akademik, dan penghafal kitab suci," jelasnya. 

Berikut Beberapa ketentuan PPDB SMP jalur prestasi

Nilai rapor:

  1. Memilih 2 Sekolah
  2. Jalur Prestasi Nilai Rapor dirangking berdasarkan Nilai Rapor siswa kelas 4 sampai dengan kelas 6 semester gasal
  3. Apabila terjadi kesamaan NRS dari beberapa CPDB, maka prioritas akan diberikan kepada CPDB dengan nilai yang lebih tinggi pada MAPEL Bahasa Indonesia, jika masih sama, maka menggunakan nilai MAPEL Matematika, Jika masih sama, selanjutnya menggunakan nilai MAPEL IPA. 

Prestasi Akademik dan Non Akademik:

  1. Memilih 2 Sekolah
  2. Memiliki prestasi tingkat Kab/Kota sampai Internasional
  3. Dilakukan dengan melakukan skoring terhadap prestasi perlombaan yang diraih.
  4. Kejuaraan yang diakui paling singkat 6 bulan dan paling lama 3 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB

Prestasi Penghafal Kitab Suci Agama:

  1. Memilih 2 Sekolah
  2. Diperuntukkan bagi siswa SDN sederajat Kelas VI yang telah dinyatakan lulus seleksi Beasiswa Penghafal Kitab Suci tahun 2024 berdasarkan SK Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya 
  3. Kuota Jalur Penghafal Kitab Suci sebesar 3 persen dari total kuota tiap sekolah 
  4. Perangkingan peserta berdasarkan nilai dalam sertifikat. Apabila nilainya sama maka diprioritaskan bagi CPDB yang mendaftar lebih awal.

Untuk jalur afirmasi kategori inklusi dibuka pada 10-13 Juni 2024, jalur afirmasi kategori keluarga miskin atau pra miskin 19-21 Juni 2024. Jalur penghafal kitab suci 19-21 Juni 2024, Jalur prestasi nilai rapor sekolah 24-26 Juni 2024 dan Jalur zonasi 1-3 Juli 2024.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan PPDB Surabaya SD smp Dinas Pendidikan Surabaya Yusuf Masruh Jalur Prestasi