Pemprov Jatim Terjunkan Tim Yankes Bergerak di Pulau Sapeken

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Mustopa

18 Desember 2023 04:04 18 Des 2023 04:04

Thumbnail Pemprov Jatim Terjunkan Tim Yankes Bergerak di Pulau Sapeken Watermark Ketik
Tim pelayanan Kesehatan Pemprov Jatim Bergerak melakukan pemeriksaan mata ke masyarakat di pulau terpencil, Senin (18/12/2023). (Foto: Biro Adpim Jatim)

KETIK, SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menerjunkan Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak untuk memberikan pelayanan kesehatan pada warga yang ada di kepulauan terpencil di Jawa Timur.

Pada bulan Desember ini, Tim Yankes Pemprov Jatim hadir di Pulau Sapeken Kabupaten Sumenep, tepatnya pada tanggal 7-10 Desember 2023.

"Penghujung tahun 2023 ini, Tim Yankes Bergerak Pemprov Jatim kembali terjun ke Pulau Sapeken Sumenep untuk memberikan pelayanan kepada 480 masyarakat setempat,” ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Senin (18/12/2023).

Total masyarakat kepulauan yang telah mendapatkan layanan mulai tahun 2019-2023 sebanyak 9.996 orang.

Gubernur Khofifah menjelaskan, Yankes Bergerak Pemprov Jatim merupakan wujud upaya penjangkauan layanan kesehatan bagi masyarakat di kepulauan. Ini penting, mengingat kondisi geografis yang tidak mudah dan terbatasnya sumber daya seringkali menjadi tantangan dalam pemenuhan kebutuhan yankes di kepulauan.

"Proses-proses ini memang harus kita lakukan karena ada kesulitan di beberapa hal sehingga program penjangkauan harus dilakukan, melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jatim lah pelayanan kesehatan masyarakat kepulauan bisa terjangkau," tuturnya.

Gubernur Khofifah bersyukur ada komitmen kemanusiaan luar biasa dari semua pihak termasuk Tim Yankes Bergerak Pemprov Jatim. Mengingat, layanan kesehatan yang akan diberikan tim ini tidaklah mudah dan ada keterbatasan-keterbatasan.

"Terima kasih atas komitmen luar biasa, dedikasi dan kerja keras para tenaga kesehatan yang melayani masyarakat kepulauan," ucapnya.

Lebih lanjut, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa kehadiran Tim Yankes Bergerak memberikan harapan hidup baru bagi masyarakat kepulauan.

“Sebab bagi masyarakat yang sudah sembuh dari katarak/penyakit mata lainnya harapan hidupnya pasti akan meningkat. Begitu juga untuk yang sudah mendapat layanan bedah ataupun kandungan/obgyn,” tandasnya.

Foto Tim Pelayanan Kesehatan Pemprov Jatim Bergerak ke Pulau Terpencil, Senin (18/12/2023). (Foto: Biro Adpim Jatim)Tim Pelayanan Kesehatan Pemprov Jatim Bergerak ke Pulau Terpencil, Senin (18/12/2023). (Foto: Biro Adpim Jatim)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Erwin Astha Triyono melaporkan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan di Pulau Sapeken antara lain layanan kesehatan dasar sesuai permasalahan kondisi setempat.

Kemudian juga kesehatan spesialistik seperti kesehatan mata sebanyak 60 orang, bedah sebanyak 45 orang, kesehatan kandungan sebanyak 25 kasus, THT sebanyak 29 orang dan kesehatan gigi  sebanyak 22 orang.

Selanjutnya, layanan kesehatan tradisional berupa akupresure dan akupuntur sebanyak 99 orang. Kemudian, layanan pemberdayaan masyarakat sebanyak 200 orang dengan memberikan penyuluhan tentang stunting, AKI, AKB, TB, penyakit menular dan tidak menular, pembinaan puskesmas serta pembuatan jamban sehat di desa.

"Kami juga menyelenggarakan pemberdayaan masyarakat dengan memberikan penyuluhan tentang stunting, AKI, AKB, TB, penyakit menular dan tidak menular. Selain itu, juga pembinaan puskesmas serta pembuatan jamban sehat di desa," katanya.

Sebagai informasi, Tim Yankes Bergerak yang diterjunkan kali ini sejumlah 59 orang, yang terdiri dari tenaga kesehatan (Nakes) yang berasal dari  RSUD Dr. Soetomo, RSUD Haji, RS Mata Masyarakat Jawa Timur, RS M Noer Pamekasan, RS M. Anwar Sumenep, RS Gigi dan Mulut Unair, Dinkes Jatim, Dinkes Sumenep, dan Organisasi Profesi Tenaga Kesehatan Tradisional. (*)

Tombol Google News

Tags:

Gubernur Khofifah Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim Jawa timur Tim Yankes Pemprov Bergerak layanan kesehatan