Pemprov Jatim Hadirkan 5 Maskot Porprov yang Terinspirasi Kearifan Lokal

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

28 Agustus 2023 08:53 28 Agt 2023 08:53

Thumbnail Pemprov Jatim Hadirkan 5 Maskot Porprov yang Terinspirasi Kearifan Lokal Watermark Ketik
Cak Beki salah satu maskot yang terisnpirasi dari fauna khas Jatim, Ayam Bekisar. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Menjelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VIII yang akan digelar pada 9-16 September 2023 mendatang. Pemprov Jatim menyiapkan 5 maskot yang terispirasi dari kearifan lokal dari kabupaten/ kota yang menjadi tuan rumah.

Pembuatan maskot ini bertujuan untuk memeriahkan dan memberi semangat para atlet yang akan bertanding. Maskot ini nantinya juga sebagai sarana promosi bagi tuan rumah tempat penyelenggaraan Porprov.

"Maskot Porprov Jatim VIII dibuat berdasarkan nilai sejarah dan ciri khas budaya di masing-masing wilayah," terang Khofifah.

Maskot tersebut adalah Si Udeng (Udang dan Bandeng) dari Kabupaten Sidoarjo, Si Jatu ( burung Jatayu) dari Kabupaten Jombang, Cak Condro (Kucing) dari Kota Mojokerto, Si Mada (Gajah) dari Kabupaten Mojokerto dan terakhir Cak Beki (Ayam Bekisar) yang merupakan fauna khas Jawa Timur.

"Maskot-maskot ini membawa spirit para atlet untuk berprestasi dalam Porprov Jatim VIII Tahun 2023," tambah Khofifah.

Dijelaskan Khofifah, lima maskot Porprov Jatim VIII ini merupakan lambang pemersatu yang akan menyukseskan sekaligus membawa keberuntungan terhadap segala sesuatu yang sedang diikhtiarkan bersama-sama. 

Disamping itu, melalui perhelatan Porprov Jatim VIII ini, mantan Menteri Sosial RI tersebut berharap dapat mencetak atlet berprestasi yang nantinya dapat mengharumkan Jawa Timur di kancah nasional maupun internasional.

"Semoga prestasi meningkat diikuti dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Porprov Jatim Olahraga atlet Kearifan lokal maskot Porprov VIII Jawa timur Gubernur Khofifah