Pemkab Sidoarjo Langsung Perbaiki Jalan yang Ditanami Pisang karena Rusak Parah

Editor: Fathur Roziq

18 Maret 2024 05:35 18 Mar 2024 05:35

Thumbnail Pemkab Sidoarjo Langsung Perbaiki Jalan yang Ditanami Pisang karena Rusak Parah Watermark Ketik
Alat berat jenis slender tandem disiapkan untuk memperbaiki Jalan Rajawali, Kletek, Taman, Sidoarjo. Bahan material segera menyusul. (Foto: Dinas Kominfo Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Sambatan dan teriakan pengguna Jalan Rajawali, Desa Kletek, Kecamatan Taman, Sidoarjo, mendapatkan respons cepat dari Pemkab Sidoarjo. Jalan yang rusak dan berlubang itu segera diperbaiki. Alat berat sudah turun.

Senin pagi (18/3/2024), slender tandem roler untuk pengaspalan jalan sudah turun ke lokasi. Alat berat siap digunakan untuk menutup lubang jalan dan meratakannya kembali. Pengerjaan perbaikan bakal mulai dilakukan hari ini juga.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, perbaikan jalan dari arah Sukodono menuju pertigaan Kletek tersebut sudah masuk perencanaan tahun 2023. Targetnya, awal tahun 2024, program dikerjakan.

”Mohon masyarakat sabar. Pembangunan dan perbaikan jalan terus dilakukan,” jelas Gus Muhdlor, sapaan Bupati Ahmad Muhdlor.

Gus Muhdlor menjelaskan, selain Jalan Rajawali di Kletek, Taman, perbaikan jalan juga dilakukan di Jalan Raya Prambon sebelah PT Pakerin. Jalan berlubang di Prambon itu segera diperbaiki.

Gus Muhdlor memastikan, setiap laporan dan aduan terkait jalan rusak diperhatikan dan ditindaklanjuti. Dinas PU Bina Marga dan SDA diminta memetakan rencana betonisasi jalan selanjutnya untuk prioritas tahun depan.

”Program betonisasi sudah masuk prioritas pembangunan Pemkab Sidoarjo. Ini solusi jangka panjang yang dalam 3 tahun terakhir ini dikerjakan masif,” tambahnya.

Foto Lubang-lubang jalan yang menganga di Jalan Rajawali, Desa Kletek, Taman, Sidoarjo, membahayakan pengendara pada Minggu (17/3/2024). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)Lubang-lubang jalan yang menganga di Jalan Rajawali, Desa Kletek, Taman, Sidoarjo, membahayakan pengendara pada Minggu (17/3/2024). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (PU BMSDA) Kabupaten Sidoarjo Dwi Eko Saptono menyatakan perbaikan Jalan Rajawali, Kletek, dimulai Senin (18/3/2024). Sesuai Surat Perintah Kerja (SPK).

”Senin pagi ini tadi sudah didatangkan alat berat. Nanti menyusul material. Paling lambat satu atau dua hari ini sudah mulai dikerjakan,” katanya.

Perbaikan tersebut, lanjut Dwi, meliputi penambalan aspal jalan yang lubangnya tidak cukup dalam. Yang lubangnya cukup dalam ditangani secara khusus.

Dwi menambahkan, setelah pengerjaan Jalan Rajawali selesai, selanjutnya adalah perbaikan jalan rusak di sebelah PT Pabrik Kertas Indonesia (Pakerin), Jalan Raya Prambon.

Menurut Dwi, beberapa jalan rusak yang dikeluhkan warga Kabupaten Sidoarjo ditengarai akibat curah hujan dan volume tonase truk lewat yang over capacity (melebihi kapasitas).

”Memang rata-rata kalau masuk musim hujan, beberapa jalan dengan intensitas hujan yang tinggi akan mengalami rusak,” ujarnya.

Sebelumnya, Jalan Rajawali, Desa Kletek, Kecamatan Taman, rusak parah. Pengendara sampai celaka. Warga dan pengguna jalan sering mengeluh. Kapan jalan tersebut diperbaiki.

Minggu malam (17/3/2024), sebagian pengguna jalan dan warga berunjuk rasa di lokasi tersebut. Mereka menanam pohon pisang di tengah jalan yang berlubang. Pemkab didesak untuk segera turun tangan menangani kerusakan Jalan Rajawali. (*)

Tombol Google News

Tags:

sidoarjo Pemkab Sidoarjo Gus Muhdlor Bupati Ahmad Muhdlor Jalan Kletek Jalan rusak