Pemerataan Fasilitas Kesehatan di Jember, PT RNM Kerjasama dengan Klinik Harapan Sehat Bangun RS Baru

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

1 Februari 2024 10:10 1 Feb 2024 10:10

Thumbnail Pemerataan Fasilitas Kesehatan di Jember, PT RNM Kerjasama dengan Klinik Harapan Sehat Bangun RS Baru Watermark Ketik
Peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Harapan Sehat di Mayang, Jember oleh Bupati Hendy Siswanto dan Direktur PT Rolas Medika Nusantara, Kamis (1/2/2024) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – PT Rolas Nusantara Medika (PT RNM) menyatakan komitmennya untuk memberikan layanan kesehatan berkualitas dan terus berinovasi memperluas layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Dalam momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 pada Kamis (1/2/2024), secara resmi PT RNM mengumumkan pembangunan rumah sakit operatorship tipe D bekerjasama dengan Klinik Harapan Sehat.

Rencana pembangunan Rumah Sakit operatorship Tipe D di Harapan Sehat, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember yang sebelumnya merupakan klinik merupakan upaya untuk memperluas penyebaran. Selama ini, fasilitas kesehatan rumah sakit hanya terpusat di wilayah kota saja, sedangkan untuk daerah masih sangat kesulitan.

Direktur PT RNM, dr Syamsul Bahri menyebut potensi di daerah Kecamatan Mayang sangat besar. “Mayang sangat potensial untuk disiapkan layanan kesehatan rumah sakit tipe C,” ujarnya usai peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit, Kamis (1/2/2024).

Nantinya, standar operasional rumah sakit sesuai dengan Indonesia Healthcare Corporation (IHC) dengan disupport kualitas sumber daya manusia atau tenaga medis yang tengah disiapkan dari PT Rolas Nusantara Medika. 

Peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit tipe D juga dihadiri Bupati Jember Hendy Siswanto. Dirinya sangat mengapresiasi komitmen PT RNM untuk membangun rumah sakit baru untuk memudahkan jangkauan masyarakat desa. 

Secara ideal, Hendy menyebut Jember masih membutuhkan dua hingga tiga rumah sakit. Menurutnya, dengan jumlah penduduk Jember mencapai 2,6 juta, masih butuh sekitar 600 tempat tidur untuk pelayanan di rumah sakit.

“Saya berharap ada 2-3 rumah sakit baru di Jember karena memang kebutuhan populasi masyarakat meningkat tajam. Apalagi rumah sakit masih terpusat di Jember kota, sedangkan masyarakat menyebar ke daerah-daerah,” ungkapnya.

Bahkan ia mengajak untuk lebih banyak lagi pihak swasta yang membangun rumah sakit diluar wilayah kota. “Jangan khawatir, pasti banyak pasien yang membutuhkan layanan kesehatan di luar wilayah kota,” pungkas Hendy.(*)

Tombol Google News

Tags:

Rolas Nusantara Medika pemerataan rumah sakit daerah Jember Mayang Klinik Harapan Sehat Rumah Sakit Harapan Sehat Fasilitas kesehatan BUMN Hendy Siswanto